Blog Detail

5 Cara Melakukan Perawatan Belt Mesin Industri

21 Mar 15
sahlengineering
, , , , ,
one comments

Belt adalah sebutan pada mesin industri. Beberapa mesin memiliki conveyor belt dengan fungsi masing-masing. Secara umum, belt biasa ada pada mesin industri seperti conveyor. Meskipun ada pula mesin industri lain yang memiliki belt. Kerja dari pengawasan mesin tidak terlepas pada perawatan mesin industri. Termasuk perawatan pada belt. Bagi Anda yang dibebani tugas untuk melakukan perawatan belt, mintalah Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Shaft, dan komponen untuk mesin Industri. Dengan megikuti kelima cara berikut terlebih dahulu untuk memastikan. Inilah5 Cara Melakukan Perawatan Belt Mesin Industri.

Cara Melakukan Perawatan Belt Mesin Industri

1. Persiapan Perlengkapan Perawatan Belt

Setiap kali hendak memeriksa belt sebagai cara perawatan, jangan lupa melakukan persiapan perlengkapan yang diperlukan. Mulai dari kunci, lap, sampai belt dressing. Semua perlengkapan harus ada di dekat Anda. Untuk berjaga-jaga ketika melakukan pengecekan, ada bagian belt yang perlu segera diperbaiki.

2. Perawatan Menjaga Ketegangan Belt

Mengingat kerja belt tidak ringan dan ada industri yang terus-menerus memerlukan kerja mesin, maka bagian sabuk belt akan ada yang kendor. Kemudian Anda pun harus segera melakukan pengencangan sabuk belt kembali. Terlebih dahulu lihat kondisi sabuk belt apakah benar kendor atau tidak. Jika kendor, maka belt Anda tekan dengan ibu jari serta bagian bawah telapak tangan. Perhatikan pada jarak belt berkisar antara tiga centimeter atau tergantung pada spesifikasi belt mesin industri.

3. Perawatan Pengaturan Arah Belt

Terkadang arah dari sabuk belt terlihat miring. Itu terjadi karena adanya pergeseran pada abuk belt. Untuk meluruskan kembali arah sabuk belt, maka perhatikan pada bagian pulley dan pada sabuk belt. Jika Anda kurang paham, percayakan pada Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Lining Process: Rubber, Polyurethan, Dll. Secara umum, perubahan arah terjadi karena sabuk belt yang terputus. Pastikan bagian pulley, bandul, bearing dicermati. Decitan kemungkinan terdengar karena adanya kesalahan pada salah satu atau bagian dari pulley, bandul, bearing.

4. Perawatan Belt yang Menimbulkan Decitan

Decitan yang terdengar pada belt mesin industri perlu segera diperbaiki. Kesalahan terletak pada belt yang semula dalam keadaan bekerja santai atau mati. Kemudian belt kembali bekerja dengan ekstra. Decitan tersebut akan terdengar ketika belt tidak siap dengan keadaan yang tiba-tiba berubah dan menyebabkan sabuk belt bergoyang atau bergeser.

5. Perawatan Elastisitas Belt

Belt mesin industri juga akan menjadi kurang elastisitas setelah bekerja keras. Seperti pekerja yang setiap hari bekerja, lama-lama akan merasa lelah. Agar belt kembali bekerja dengan baik, maka kembalikan elastisitasnya. Dengan cara memberikan belt dressing pada bagian sabuk belt.

Perhatikan secara seksama setiap kali Anda melakukan perawatan pada belt mesin industri. Belt adalah salah satu mesin yang paling diperlukan dalam industri. Memudahkan dalam kinerja dan operasional industri, Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Fabrikasi: Pembuatan Platform Machine, Lori Cap. s/d 20 Ton juga siap memperbaiki belt mesin industri yang bermasalah.

Bagikan Info ini:

1 Comment

  1. lilik August 15, 2016 at 6:22 am Reply

    Wahhh,,,lumayan juga ya cara merawatnya, makasih sudah mau berbagi.

Leave a Reply