Blog Detail

6 Cara Merawat dan Membersihkan Mesin Pabrik

28 Mar 15
sahlengineering
, , , ,
No Comments

Bagaimana merawat dan membersihkan mesin pabrik? Merawat sebuah mesin pabrik bukan hal yang sulit jika kita sudah mengenal betul mesin tersebut dan komponen yang ada dalam mesin tersebut. Yang sulit adalah ketika kita belum mengerti betul komponen yang ada dalam mesin tersebut, terutama jika mesin tersebut type terbaru. Tapi di Sahl Engineering semua mesin akan dapat dirawat dan dibersihkan dengan baik. Ada  beberapa hal mendasar yang harus diketahui oleh para mekanik ketika hendak merawat atau membersihkan mesin yang ada di pabrik.

Merawat dan membersihkan sebuah mesin ada baiknya jika dilakukan secara berkala, misalnya 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali. perawatan dan pembersihkan seperti  ini sangat penting untuk menjaga mesih agar tetap bersih dan juga terawat.

Merawat dan Membersihkan Mesin Pabrik

Cara merawat dan membersihkan mesin pabrik

Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan mesin ;

 

1. Pastikan mesin dalam keadaan mati

Ini penting untuk keselamatan kita ketika akan membersihkan mesin.

 

2. Buka bagian mesin

Langkan ini penting, karena bukan hanya bagian luar saja yang perlu kita bersihkan, bagian dalam juga perlu kita bersihkan. Perhatikan beberapa komponen yang dapat dicuci menggunakan sabun dan ada bebrapa komponen yang sebaiknnya dicuci menggunakan pelumas. Proses pembersihkan ini penting untuk menjaga agar mesin selalu dalam keadaan terawat. Ada beberapa bagian yang dapat dibersihkan menggunakan majun, dan ada juga yang dapat dibersihkan menggunakan kuas.

 

3. Membersihkan bagian kecil

Beberapa bagian yang kecil sebaiknya menggunakan kuas, agar noda yang berada di dalam komponen hilang. Noda yang kecil tidak masalah, Namun jika berupa tumpukan, tentu akan menghalangi proses kerja mesin.

 

4. Memberikan pelumas

Ini juga merupakan salah satu bagian penting. Beberapa bagian mesin perlu diberikan pelumas, agar tetap bersih dan juga kerja mesin semakin lancar. Pelumas yang baik akan mencegah mesin dari aus, dan tentunya itu akan membuat mesin menjadi awet.

 

5. Pastikan semua sudah dibersihkan

Ketika kita sedang membersihkan mesin, ada baiknya jika disimpan dalam box khusus agar tidak tercecer. Selain itu ketika kita membersihkan mesin, perhatikan dengan baik, detail mesin, siapa tahu masih ada yang kotor. Jika dicuci menggunakan sabun, keringkan dengan baik, agar tidak terjadi karat. Jika dibersihkan menggunakan bensin, atau pelumas. Pastikan komponen bersih dan lap menggunakan majun.

 

6. Pasang dengan baik

Ini juga perlu kita perhatikan, jangan sampai salah memasang  skrup, atau komponen lainya. Perhatikan setiap detailnya, ada baiknya jika kita menggunakan buku panduan ketika sedang membersihkan mesin tersebut, dan juga sebagai tutorial untuk memasang setiap komponen dengan baik.

Dengan begitu maka mesin akan kembali bersih dan dapat digunakan kembali. Ketika mesin dirawat dan dibersihkan secara berkala, maka tentunya proses produksi akan semakin lancar.

Bagikan Info ini:

Leave a Reply