Blog Detail

Pelatihan dan Pemahaman PLC Programming Logic Control

06 Apr 15
sahlengineering
, , ,
one comments

Apa itu PLC? Programming Logic Control atau PLC merupakan sebuah sistem kotrol komputer industri yang secara berkesinambungan memantau kondisi perangkat input dan membuat keputusan berdasar program khusus guna mengontrol kondisi perangkat output. Pelatihan dan Pemahaman PLC.

Pelatihan dan Pemahaman PLC

Pelatihan dan Pemahaman PLC

Sebagian besar lini produksi, proses, atau fungsi mesin dapat diupgrade memakai jenis sistem kontrol. Akan tetapi, manfaat paling besar dalam penggunaan PLC yaitu adanya kemampuan meniru atau mengubah proses sembari mengumpulkan info-info penting. Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Industrial Automation & Programming Logic Control (PLC) memahami betul keuntungan dari penggunaan sistem PLC. Lalu apa saja keuntungan menggunakan PLC?

Keunggulan pertama menggunakan PLC bahwa sistem PLC merupakan modular. Hal ini berarti Anda bisa mencocokan dan mencampur jenis input dan output perangkat yang sesuai dengan aplikasi yang digunakan. Selain itu, masih ada beberapa keunggulan lain seperti:

  • Lebih hemat dari segi biaya dibanding dengan sitem kontrol manual yang memakai banyak relay
  • Lebih mudah dalam hal pemrograman yang mana bisa dengan mudah dirubah rangkaian sistemnya.
  • Memiliki prinsip kerja seperti komputer.
  • Lebih praktis, aman, dan mumpuni dibanding rangkaian kontrol manual.
  • Lebih mudah untuk melacak adanya gangguan pada rangkaian kontol yang dibuat.

Cara PLC Beroperasi

Dalam pengoperasian semua PLC terdapat 4 langkah dasar yaitu input scan, output scan, scan program, dan housekeeping. Adapun berikut penjelasan lebih lanjut untuk keempat langkah dasar tersebut:

Input Scan

Langkah dasar ini merupakan langkah mendeteksi kondisi semua perangkat input yang tersambung ke PLC.

Output Scan

Meliputi langkah de-energi atau memberi energi ke semua perangkat output yang tersambung ke PLC.

Scan Program

Langkah scan program yaitu langkah menjalankan pengguna membuat logika suatu program.

Housekeeping

Merupakan langkah yang mencakup diagnostik internal, komunikasi dengan terminal pemrograman, dan lainnya.

Bahasa Pemrograman PLC

Bahasa pemrograman yang umum digunakan PLC yaitu Ladder Logic. Namun, Lader Logic bukan satu-satunya bahasa pemrograman yang bisa digunakan. Ada pula bahasa pemrograman yang lain seperi Fungsi Blok Diagram, Ladder Diagran, dan Structured Text. Fungsi Blok Diagam merupakan bahasa grafis untuk data dan sinyal yang menggalir lewat re-usable fungsi blok.

Ladder Diagram termasuk bahasa pemrograman grafis yang pada awalnya diprogram dengan kotak sederhana yang disimulasikan dengan pembukaan dan penutupan relay. Sementara Structured Text merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan pemrograman terstruktur.

Bagikan Info ini:
Share

1 Comment

  1. Emmi Mulyadi, A.Md October 19, 2016 at 3:30 am Reply

    maaf. sy dari aceh. apa masih ada penerimaan pelatihan PLC di instasi kerja bapak, atau frifat. sy hanya di beri izin 2 hari dari instasi saya bekerja, tempat yang saya mau tuju harus ada NPWP nya, mohon penjelasanya beserta biayanya

Leave a Reply