Blog Detail

Tips Merawat Mesin Industri dengan Tepat

Tips Merawat Mesin Industri dengan Tepat

09 Dec 15
sahlengineering
, , ,
No Comments

Bagaimana tips merawat mesin industri dengan tepat? Sahl Engineering sebagai  bengkel industri di Jababeka memberikan ulasannya untuk Anda. Tips merawat mesin industri dengan baik. Setiap peralatan yang berhubungan dengan mesin tentunya membutuhkan pemeliharaan secara khusus, sama seperti mesin industri. Berbeda dengan mesin pada umumnya, mesin industri memerlukan perlakuan khusus yang tak bisa sembarangan. Dalam hal ini, perlu teknik serta pengetahuan khusus dalam merawat mesin industri.

Tips Merawat Mesin Industri dengan Tepat

Apalagi mesin industri digunakan untuk memaksimalkan hasil industri, tentu para teknisi pun membutuhkan informasi dan pengetahuan mengenai kondisi mesin dan bagaimana cara merawat mesin industri dengan baik. Hal tersebut dikarenakan mesin industri bisa berpengaruh terhadap produksi maupun biaya industri untuk pemeliharaan mesin-mesin yang digunakan dalam dunia industri.

Adapun perawatan setiap mesin-mesin industri sebenarnya disesuaikan berdasarkan jumlah sarana dan prasarana suatu industri, baik sebuah perusahaan maupun lembaga. Sebab perawatan mesin-mesin industri dalam lembaga maupun perusahaan tersebut pastinya harus sesuai berdasarkan kebijakan yang telah ditetapkan. Adapun tujuan perawatan mesin di sini yaitu untuk menjaga, melindungi serta memelihara peralatan industri terhadap beragam aktivitas industri, yang sifatnya produktif maupun non produktif di perusahaan tersebut. Pentingnya mesin industri perlu dijaga dengan baik adalah agar fungsi mesin tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya untuk digunakan dalam kegiatan industri itu sendiri.

Ada beberapa tahapan dan tips merawat mesin industri yang perlu diketahui oleh seorang teknisi atau orang yang bekerja di bidang maintenanceperalatan industri berikut ini :

Proses Perawatan Mesin Industri

Perawatan mesin-mesin pabrik atau industri merupakan hal yang paling tepat untuk menjaga agar segala peralatan industri tersebut berfungsi dengan baik. Adapun proses perawatan mesin maupun peralatan industri mencakup tentang perbaikan dan pemeliharaan peralatan mesin.

Hal ini tentunya yang berkaitan dengan aktivitas industri maupun yang berkaitan terhadap jalannya perusahaan supaya benar-benar berjalan sesuai harapan, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi keberhasilan industri. Pada poin ini, yang terpenting adalah tanggung jawab setiap pengguna atau karyawan yang menggunakan peralatan mesin tersebut.

Mereka tentu harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap penggunaan alat maupun barang yang digunakan supaya tidak timbul kerusakan. Perawatan tak hanya berupa pembersihan peralatan industri saja, melainkan juga bisa berisi tentang laporan pencatatan terhadap kerusakan serta kondisi mesin industri yang tengah di gunakan. Dengan begitu, hal tersebut akan berguna saat pengecekan kondisi mesin suatu saat nanti ketika dibutuhkan.

Mengganti Mesin Industri

Poin yang penting lainnya dalam tips merawat mesin industri adalah penggantian mesin industri, yang ada kaitannya terhadap perusahaan maupun sistem produksi. Dalam hal ini tentu terdapat kaitan pada powersupply yang memiliki 2 aktivitas perbaikan, seperti pemeliharaan dan perbaikan mekanik, serta pemeliharaan dan perbaikan sistem listrik. Untuk kelistrikan sendiri biasanya para pelaku wajib mengganti mesin-mesin yang ada kaitannya dengan kelistrikan atau listrik. Sementara untuk mekanik sendiri biasanya berkaitan dengan yang namanya onderdil mesin. Selain itu, peralatan yang berkaitan dengan utilitas juga perlu diperhatikan. Adapun utilitas di sini yaitu sistem sirkulasi air pendingin, sistem pelumas maupun komponen yang lainnya. Hal ini dikarenakan ada kaitannya terhadap kelancaran aktivitas industri yang berlangsung. Pergantian peralatan utilitas ini sangat penting untuk memaksimalkan kinerja dari peralatan utilitas tersebut.

Pelumasan

Pelumasan dalam hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya keausan dalam mesin, khususnya pada mesin yang seringkali bergesekan serta memerlukan temperatur yang konstan. Bila mesin industri tak dipelihara dan dirawat dengan tepat, bisa menyebabkan kerusakan. Selain pelumasan, hal terpenting dalam sistem perawatan mesin industri adalah proses inspeksi yang bertujuan mencari beragam data-data yang sifatnya teknis demi meningkatkan kinerja serta perawatan dalam mesin industri.

Demikianlah tips merawat mesin industri dengan tepat. Untuk perawatan mesin-mesin industri, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan seperti perawatan secara rutin, perawatan secara periodik, perawatan berencana, sistem perawatan untuk pencegahan, sistem perawatan untuk perbaikan, dan terakhir overhaul. Demikianlah ulasan mengenai tips merawat mesin industri dengan tepat!

Bagikan Info ini:
Share

Leave a Reply