Blog Detail

10 Mesin Terbesar di Dunia

19 May 15
sahlengineering
, , , , ,
2 comments

Inilah 10 Mesin Terbesar di Dunia. Mesin dan komputer. Apa bedanya mesin dengan komputer? Mesin dalam istilah engineering adalah alat mekanik. Teknologi mesin kian kini kian berkembang, namun semakin memakan ukuran, semakin membesar, akan tetapi komputer terutama perangkat komunikasi, semakin mengecil.

10 Mesin Terbesar di Dunia

Tulisan yang bersumber dari: www.toptenz.net ini akan mengangkat tema engineering dalam perspektif yang unik guna melengkapi khasanah website sahl engineering ini sebagai media informasi dunia mesin. Sebelum lebih jauh membaca tentang info 10 mesin terbesar di dunia ini, kembali kami informasikan bahwa Sahl Engineering adalah bengkel industri yang berfokus pada manufakturing, fabrikasi, machining dan automation mesin-mesin industri. Sahl Engineering terutama sekali memberikan cakupan pada beberapa kawasan industri baik di Jababeka Cikarang, Lippo atau daerah di pulau Jawa ini.

Teknologi alat mekanik yang kemudia berpadu dengan komputer dan elektrik semakin berevolusi dalam ukuran yang terus tumbuh seiring kebutuhan eksplorasi manusia terhadap lingkungannya. Dari mulai alat transportasi hingga pertambangan, bahkan mesin dengan fungsi membingungkan kecuali estetika semata, ada pada daftar 10 mesin terbesar di dunia ini. Berikut daftarnya:

1. Bagger 293

Bagger 293 ini adalah mesin pertambangan buatan Jerman tahun 1995. Mesin keruk dengan roda-roda keruk raksasa ini memiliki tinggi 315 kaki dan panjang 740 kaki.

Mesin Terbesar di Dunia - Bagger 293

Dengan berat sekitar 31 juata pond, mesin eksplorasi daratan ini dikemudikan oleh 5 orang operator. Sekitar 8 setengah kubik  material mampu digaruk oleh mesin ini setiap harinya.

Mesin Terbesar di Dunia - Bagger 293 b

Konon meski terlihat luar biasa dalam kemampuan keruknya, Bagger ini memiliki kelemahan berupa ketidakmampuannya melawati rintangan jalan. Bisa saja laju pergeseran mesin super besar ini terhambat sehingga operator harus mematikannya, memasang karung pasir dan jalur rel serta jika diperlukan melapisi jalur kendaraan besar ini dengan rumput khusus agar laju mesin menjadi halus.

2. Belaz

Bisa disebut lebih mirip kapal pesiar karena truk sampah raksasa ini mengendong tempayan besar dipunggungnya yang selebar kapal. Inilah truk dengan sepasang mesin bersilinder 16 yang mampu menghasilkan kekuatan 13.738 pond tenaga putar, setara dengan 17 buah dump truk besar. Perusahaan perakit truk raksasa ini menyatakan jika si Belaz ini mampu mengangkut 450 ton sampah.

Mesin Terbesar di Dunia - Belaz

Sungguh sebuah kendaraan bertulang baja dengan berat 800 ribu pond. Truk dengan delapan roda berdiameter 63 inchi akan memili radius putar sejauh 65 kaki. Belaz juga dilengkapi pada bannya berupa sitem kontrol inflasi ban untuk menjaga tekanan ban. Juga monitor kendali, pengatur panas, pendingin udara serta insulasi kebisingan. Tertarik ingin membelinya? Konon dibanderol seharga 3 juta dollar.

3. Berjaya Times Square Vending Machine

Pada beberapa tahun lalu di Malaysia tepatnya di Berjaya Times Square ada sebuah mesin penjual dengan ukuran raksasa. Tujuan utama dibuat mesin ini pada dasarnya adalah  menarik pengunjung ketika mall di Kuala Lumpur itu merayakan ultahnya yang kesepuluh.

Mesin Terbesar di Dunia - Berjaya Times Square Vending Machine

Konon memerlukan 6 bulan untuk merancang dan merakitnya lalu butuh 7 minggu untuk memasangnya dengan total berat  ribu pond, mesin itu laiknya sebuah kapsul yg berisi bola dengan diameter 15 kaki dengan material plywood dan baja ringan. Total tingginya adalah 15 kaki.

4. Bertha

Siapa Bertha? Nama orang? Bukan tentunya. Ia adalah mesin bor pembuat terowongan dengan panjang 300 kaki ini memiliki 5 mata bor. Bertha digunakan pemerintah kota Seatle untuk membangun jalan tol dari Elliot Bay bagian atas hingga daerah bawah berupa terowongan. Dikemas dalam 31 paket ketika dikirimkan ke Seatle, mesin bor raksasa ini berdiameter 57,5 kaki.

Mesin Terbesar di Dunia - Bertha

Konon meski ukurannya yg besar, pada awal desember 2013 pengebor itu harus macet karena tidak bisa menembus sebuah halangan, meunrut para insinyurnya dan tidak mau menjelaskan apa halangan itu.

5. Drachenstich

Mainan pake remot selalu menyenangkan; mulai dari mobil-mobilan hingga robot. Bagimana jika mainan itu berupa naga raksasa? Adalah Zollner Elektronik AG, sebuah perusahaan elektronik Jerman menghabiskan 6 tahun dan mempekerjaan 15 orang dalam tim pembuat mainan remot berbentuk naga raksasa  bernama Drachenstich.

Mesin Terbesar di Dunia - Drachenstich

Robot naga mainan ini memiliki tinggi 51 kaki dan berat 11 ton. Tentu saja dikendalikanoleh remot bersistem radio, dan yg namanya naga pastinya bisa menyemburkan api.

Naga buatan manusia modern ini ditenagai oleh mesin bertenaga 140 horsepower dan sayap yang bisa melebar sejauh 39 kaki. Itu saja? Tidak, masih ada teknologi di dalamnya. Dengan sistem komponen elektronik dan hidrolik, naga itu juag dilengkapi 9 unit kendali yang masing-masing memiliki sepasang prosesor, sebuah microcontroller dan 238 sensor untuk mengenali lingkungannya.

Tidak kurang dramatis, dilengkapi pula dengan darah naga buatan sebanyak 80 liter yang mengaliri slang-slang nadi buatannya.

6. Fabio Reggiani Motor Cycle

Suka motor? Kita semua benci kemacetan dan memilih motor karena praktis. Tapi jika motornya adalah buatan Fabio Reggiani, pastilah bertambah macet parah karena tak tanggung-tanggung, motor desain dan rakitannya itu memiliki tinggi 4,5 meter dan bobot 5,5 tons.

Mesin Terbesar di Dunia - Fabio Reggiani Motor Cycle

Dilengkapi dengan stang tambahan, motor ini ditenagai oleh mesin Cevrolet V8 5ribu cc dengan 3 transmisi kecepatan.

7. Hadron Collider Besar

Mesin terbesar di dunia diciptakan untuk mempelajari komposisi terkecil dikenal: struktur inti atom. Akselerator nuklir bukanlah hal yang baru. Mereka pertama kali ditemukan pada tahun 1930 untuk menyelidiki banyak aspek fisika partikel. The Hadron Collider adalah mesin dengan diameter tujuh belas mil dan ditanam 574 kaki di bawah tanah, di dekat Jenewa, Swiss.

Mesin Terbesar di Dunia - Hadron Collider

Di dalam Collider, dua tiang pemancar energi tinggi ditembak satu sama lain, saling berkelebat dengan kecepatan cahaya, dua tiang pemancar itu dipandu oleh ribuan magnet super konduktor dalam dua tabung vakum ultra-tinggi. Magnet disimpan di suhu dingin -271,3 derajat, yang lebih dingin dari suhu luar angkasa. Ada 1.242 magnet pada kutubnya, masing-masing berukuran 49 kaki panjang untuk menekuk balok, dan 392 magnet quadruple berukuran antara 16- 23 kaki panjang untuk tiang pemancar.

Dan sains tidak ingin berhenti di situ saja. Konon sedang dilakukan akselerator baru di bawah tanah yang lain dengan ukuran tiga kali lebih besar dari Hadron Collider raksasa ini.

8. La Princesse

Jika di kota London pernah ada gajah mekanik, maka di belahan Inggris tepatnya dikota Liverpool, monster mekanik lain menandingi dengan segala keunikannya.

Mesin Terbesar di Dunia - La Princesse

Pada suatu siang yang hujan, seekor laba-laba raksasa merayap di jalanan di depan Salthouse Dock. Keren dan mempesona ribuan pasang mata yang menyaksikannya. Laba-laba mekanik raksasa bernama La Princesse itu berjalan dengan kecepatan 2 mil perjam saja. Sekali waktu mesin itu memanjat sebuah gedung  di Lime Street dan tentu saja membuat gedung itu hancur berantakan karena delapan lengannya yang super itu, untungnya gedung tersebut kosong terbengkalai.

Pada saat dipertontonkan di depan panduduk kota liverpool, laba-laba raksasa ini memang sangat mengesankan. dengan berat 37 ton dan tinggi sekitar 50 kaki serta memiliki 50 as hirolik agar ia mampu berjalan, makhluk buatan ini membutuhkan 12 orang untuk mengoperasikannya.

Bagaimana cara ia didatangkan? Adalah membutuhkan 16 crane,  8 lengan katrol, dan 250 kru. Sungguh sebuah mesin raksasa pertunjukkan yang sesuai. Sampai-sampai ada seorang anak kecil yang merengek untuk membawanya pulang. Rengekan sang bocah berhenti setelah dijelaskan oleh sang ayah jika laba-laba itu tidak akan bisa dimasukkan ke rumah, pintu tidak muat.

9. Prelude

Perusahaan Emma Maersk pada akhirnya dikalahkan secara ukuran produk kapal angkut di dunia setelah the Prelude melayari perairan Korea Selatan secara perdana. The Prelude sebenarnya bukan kapal angkut, melainkan fasilitas mengapung yang dibuat untuk mendapatkan, mengolah dan menyimpan gas alam cair dari kedalaman bumi. Prelude yang memiliki 1600 kaki panjangnya memiliki berat penuh 600 ribu ton. Prelude menyimpan tangki-tangki yang berisi minyak bumi dengan kapasitas 175 kali kolam renang olimpik.

Mesin Terbesar di Dunia - Prelude

Ditenagai oleh tiga mesin berkekuatan 6700 tenaga kuda, Prelude juga dilengkapi sistem anti badai. Masalah satu-satunya mungkin tidak bisa melewati terusan Panama.

10. The Mriya

Semakin modern jaman ini, semakin besar pula ukuran pesawat terbang. Di Amerika Serikat ada Boeing Dream Lifter dengan kemampuan kargo 65 ribu kaki kubik, lalu ada Super Jumbo Airbus dengan 525 tempat duduk, kemudian ada pesawar militer C-5 yang 6 kali tingginya dan mampu mengangkut 6 bis sekolah dari Delaware ke Turki tanpa mampir isi bahan bakar. Akan tetapi cerita tentang pesawat terbesar ternyata bukan berada di Amerika Serikat, tetapi di Rusia.

Mesin Terbesar di Dunia - The Mriya

Namanya The Mriya yang artinya mimpi dalam bahasa Rusia. The Mriya ini mungkin satu-satunya pesawat terbang terbesar. Ia adalah sistem transportasi bagi mesin-mesin ruang angkasa Rusia dengan berat take-off maksimum adalah 640 ton.

The Mriya ini menggunakan 6 mesin jet tangguh. The Mriya memiliki panjang 275 kaki dan tinggi 59 kaki.



2 Comments

  1. kabarnesia.com October 23, 2015 at 12:27 pm Reply

    Harapannya ke depan dengan adanya mesin-mesin raksasa itu akan membantu mempermudah kerja manusia dan memperkecil angka kecelakaan yang biasanya terjadi di suatu proyek.
    Salam kabarnesia.com

    • sahlengineering November 2, 2015 at 2:05 am Reply

      betul, semoga mesin-mesin raksasa itu bukan sekedar teknologi kapitalis yg hanya menguntungkan segelintir taipan saja.

Leave a Reply