Blog Detail

3 Mesin Pengeruk Terbesar di Dunia

07 Aug 15
sahlengineering
, ,
No Comments

Ingin tahu mesin pengeruk terbesar seperti apa? Inilah 3 mesin pengeruk terbesar di dunia. Pernahkah Anda membayangkan ada mesin yang memiliki ukuran sangat besar? Coba bayangkan seperti apa besarnya mesin pengeruk yang ada di dunia. Menariknya, ternyata mesin pengeruk terbesar itu memang ada di dunia dan diciptakan langsung oleh tenaga manusia.

3 Mesin Pengeruk Terbesar di Dunia

Mesin Akselerator Partikel Large Hadron Collider

Large Hardon Collider adalah mesin akselerator partikel yang diciptakan para ilmuwan berjumlah seribu orang dengan didampingi oleh para insinyur. Para ilmuwan dan insinyur tersebut berasal dari berbagai negara bahkan lebih dari seratus negara turut bergabung untuk pembuatan Large Hadron Collider ini dari universitas maupun laboratorium ternama. Pembuatan mesin akselerator partikel ini adalah proyek yang dilakukan di tahun 1995 silam juga bersama dengan Badan Riset Nuklir Eropa atau CERN. Berbicara mengenai proyek mesin pengeruk terbesar, untuk Large Hadron Collider termasuk dalam proyek skala terbesar. Fungsi dari Large Hadron Collider adalah mesin yang mampu menabrak pancaran dari partikel proton berjumlah dua buah menggunakan kekuatan dari energi kinetik dengan kekuatan super besar.

3 Mesin Pengeruk Terbesar di Dunia

Proyek pembuatan mesin akselerator partikel ini telah menghabiskan dana sebanyak sepuluh milyar USD selama empat belas tahun lebih. Dengan peralatan yang paling rumit dan dibangun pada bagian perbatasan dari Franco Swiss berdekatan dengan Geneva, Switzerland sembilan puluh satu meter di bawah perbatasan tersebut. Mesin Akselerator Partikel ini memiliki bentuk seperti terowongan dengan panjang sekitar dua puluh tujuh kilometer.

Mesin Pengeruk Excavator Beroda Bagger 288

Bagger 288 adalah mesin pengeruk atau lebih tepatnya mesin penggali yang diciptakan perusahaan Krupp asal negara Jerman. Fungsi dari Bagger 288 terdiri dari dua macam menurut dua buah bagian yang dimiliki. Pada bagian Bucket Wheeler Excavator memiliki fungsi untuk menggali. Pada bagian Crawler Transporter memiliki fungsi untuk menopang bagian alat ini ketika sedang bergerak atau bekerja.

3 Mesin Pengeruk Terbesar di Dunia

Mesin Pengeruk Excavator Beroda Bagger 288 ini memiliki tinggi mencapai sembilan puluh lima meter dan panjang mencapai dua ratus lima belas meter. Sebagai salah satu mesin pengeruk terbesar, maka tidak heran memiliki berat mesin mencapai tiga belas ribu lima ratus ton.

Mesin Tambang TAKRAF RB293

TAKRAF 293 adalah mesin untuk bekerja di penambangan yang diciptakan oleh industri TAKRAF dari negara Jerman. Diciptakan oleh industri TAKRAF, memiliki nama yang sama dengan si pencipta, industri mesin tambang ini. Fungsi dari TAKRAF 293 adalah untuk pekerjaan penambangan dari batu bara di wilayah Victoria, benua Australia. Bekerja untuk melakukan pemindahan material sebanyak dua ratus empat puluh ribu meter kubik.

3 Mesin Pengeruk Terbesar di Dunia

Untuk menjalankan fungsi dari mesin tambang ini, maka diperlukan lima orang lebih. TAKRAF 293 mampu memecahkan rekor dan berhasil memperoleh sebutan sebagai mesin yang terbesar tidak hanya di dunia, namun di bumi. Mesin tambang ini memiliki tinggi mencapai sembilan puluh empat koma lima meter dan panjang mencapai dua ratus dua puluh meter.

Dengan berat mencapai empat belas ribu seratus sembilan puluh enam ton dan juga berhasil memperoleh sebutan mesin terberat yang ada di bumi.

Demikianlah seputar engineering mesin-mesin besar berupa 3 Mesin Pengeruk Terbesar di Dunia. Mesin Pengeruk Excavator Beroda Bagger 288. Mesin Tambang TAKRAF RB293. Partikel Large Hadron Collider.

Leave a Reply