Blog Detail

8 Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

26 May 15
sahlengineering
, , ,
No Comments

Kemajuan teknologi membuahkan banyak piranti baru yang tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berikut 8 Piranti Berteknologi Canggih di Dunia yang berhasil diciptakan baru-baru ini:

Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

1. 360º 3-D Holographic Displays

Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

Kamera 360 berteknologi 3D dengan fitur holographic displays ini ZCam namanya, yaitu sebuah kamera canggih yang mampu merekam berbagai jenis informasi hingga ke bagian terdalam suatu objek. Kamera ini dilengkapi dengan teknologi 3D. Kamera keren ini diciptakan dengan bekal 3DV system di mana kamera ini bekerja dengan prinsip Time of Flight. Objek yang direkam dengan menggunakan kamera ini kemudian datanya akan dipindah dengan cara mengirim gelombang infra red untuk dimasukan ke scene video.

Semenjak lama hologram telah menjadi bagian dari fiksi ilmiah. Yang pernah menonton pasti tahu apa itu hologram. Baru-baru ini ada beirta baru dari Nature yang menunjukkan bahwa teknologi hologram tersebut bakal menjadi nyata.

Sebenarnya teknologi gambar hologram tiga dimensi dikirimkan dari satu tempat ke lokasi lain secara real-time dengan refresh rate 1-2 detik. Meski itu masih dikatakan lambat, tapi setidaknya itu menjadi awal perkembangan teknologi hologram yang baik.

“Kami telah datang dengan teknik baru untuk telepresence secara 3D. Telepresence hologram berarti kita dapat merekam gambar tiga dimensi di satu lokasi dan menunjukkannya di lokasi lain, sangat dekat dan real-time, di mana saja di dunia,” kata Nasser Peyghambarian dari University of Arizona di Tucson kepada The Independent.

Namun, tidak seperti teknologi hologram bohongan seperti reportase pemilu yg disiarkan CNN, teknologi ini dapat benar-benar menciptakan sebuah gambar 3D secara nyata tanpa harus menggunakan perangkat bantu pada mata anda.

Video conferencing, operasi jarak jauh, dan televisi bisa menggunakan teknologi beberapa hari, bayangkan manfaatnya bagi para ilmuwan. Teknologi hologram ini akan jauh lebih baik daripada TV 3D yang ada sekarang ini. Nantinya teknologi hologarm itu akan memungkinkan berbagai perspektif dari gambar apapun.

Paling menarik adalah demo telepresence. Dengan menggunakan 16 kamera biasa atau lebih serta kabel Firewire, tim yang mengirim data ke komputer yang disusun kamera yang berbeda hingga menciptakan gambar 3D secara penuh.

Ketika gambar ditampilkan kembali, maka hasilnya adalah proyeksi menyerupai benda nyata. “Seseorang duduk di depan sebuah benda di atas meja akan melihat bagian depan, sementara seseorang di sisi lain meja akan melihat kembali, dan orang-orang yang duduk di sisi lain akan melihat perspektif yang berbeda,” jelas Peyghambarian.
Perlu dicatat bahwa gambar diciptakan menyerupai virtual game Boy lebih dari kehidupan nyata, tapi kita harus mulai di suatu tempat.

2. Flying Car

Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

Flying cara atau mobil terbang dengan nama The Highway In The Sky ini adalah jenis kendaraan baru yang sangat efektif untuk menghindari macet. Sesuai dengan namanya, mobil ini dapat terbang, memutar, dan menukik di udara.

Ingin punya sesuatu yang sangat eksotis? Menyukai kendaraan yang lebih dari sekedar mobil? Wah, selera anda akan cocok dengan berita ini. Inilah versi termutakhir Sky Commuter Prototype.

Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

Mungkin barang ini akan berakhir di sebuah museum atau menjadi barang koleksi oran kaya, karena memang mahal dan belum tentu diproduksi masal, tapi percayalah harga mahal karena mobil terbang ini memang bener-bener berfungsi alias bisa terbang dengan lancar.

Dibanderol pertama kali dengan harga $ 45,300.00, The Sky Commuter ini terdaftar resmi di FAA.

3. Flying Saucer

Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

Dengan menyediakan kocek senila  £ 65.000, sebuah piring terbang yang mampu meluncur hingga 10 meter dari tanah dan membawa dua orang bisa menjadi milik Anda.

Kendaraan alien ini didukung oleh delapan mesin dan dapat mencapai kecepatan lebih dari 50 mph ketika bergerak anggun melalui udara. Pesawat unik dengan ukuran mobil kecil ini bahkan bisa mendarat di gedung pencakar langit.

Mesi ini dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal, laiknya helikopter, hanya saja tidak seberisik heli, dan kata mereka yg pernah mengendarainya “seperti naik karpet ajaib.”

Perusahaan AS Moller International telah mulai memproduksi piring terbang dan mengatakan telah menyelesaikan lebih dari 200 uji penerbangan dengan sukses.

Perusahaan tersebut begitu percaya diri dalam kemampuan terbang produk mereka dan siap untuk dilirik potensinya oleh militer atau sebagai aplikasi para-militer”. Mereka bervisi agar pesawat ini dapat digunakan untuk patroli perbatasan.

Pendiri perusahaan Dr Paul Moller menyebut produknya ini sebagai “kendaraan paling off-road ” karena mampu meluncur di mana saja.

“Ini bukan hovercraft, meskipun operasi sama mudah,” tambahnya. “Anda dapat melayang cepat di atas batu, rawa, pagar, atau saluran air dengan mudah karena Anda tidak dibatasi oleh permukaan.”

Piring terbang ini dirancang untuk terbang pada ketinggian sampai sekitar sepuluh meter, ini karena efek dari bantalan udara yang kenal dengan istilah “ground effect..

4. JetPack

Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

Contoh perangkat lainnya yang dulu hanya bisa dijumpai di dalam film-film sain  fiksi yaitu jetpack. Jetpack kini hadir di dunia nyata. Pesawat ini dapat melontarkan awak pesawat dengan memanfaatkan kekuatan gas atau air. Awak pesawat harus mengenakan kostum khusus yang dibuat oleh Rocket Belt.

Jetpack dikenal juga dengan sabuk roket, atau roket pack dan sejenis nama yang digunakan untuk berbagai jenis perangkat, biasanya dipakai pada bagian belakang, yang didorong oleh jet bertenaga gas atau air bertekanan untuk memungkinkan penggunanya (biasanya 1 orang) terdorong ke udara atau terbang.

Konsep jetpack ini muncul dari fiksi ilmiah pada tahun 1920 dan menjadi populer pada 1960-an. Jetpak kini dianggap sebagai  teknologi yang menjadi kenyataan.

Kini jetpack telah umum digunakan di aktivitas para astronot. Meskipun telah puluhan tahun kemajuan teknologi, penggunaan jetpak di atmosfer bumi masih menjadi tantangan. Apa masalahnya? Gravitasi bumi, dan tubuh manusia yang tidak mendukung gerak terbang alami tetap menjadi halangan. Terutama dalam potensinya di bidang militer atau sarana transportasi pribadi.

Untuk mengimbangi keterbatasan tubuh manusia, jetpack harus mengakomodasi semua faktor penerbangan seperti kemampuan mengangkat dan stabilisasi.

5. Lightsaber

Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

Bagi Anda penyuka film-film action tentu pernah melihat adegan sain film di mana salah satu tokoh dalam film menggunakan light saber atau pedang laser untuk mengalahkan lawannya. Teknologi kini telah berhasil menciptakan pedang laser seperti yang pernah ditayangkan di film-film action tertentu. Lightsaber namanya. Pedang bercahaya laser ini terbuat dari logam sedang mata pedang berupa cahaya plasma dengan panjang 1 meter. Hebatnya lagi, pedang laser ini dapat memotong objek tanpa adanya perlawanan yang berarti. Jika terkena pedang laser ini, objek yang berupa kulit akan terbakar. Pedang laser ini dapat ditangkis oleh sesama pedang laser atau perisai khusus.

6. Military exoskeleton prototype

Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

Military Exoskeleton merupakan bukti kemajuan teknologi yang sangat luar biasa. Military Exoskeleton ini berupa kostum sejenis kerangka luar yang dibekali dengan tenaga hidrolik.  Alat canggih ini mampu mengangkat beban hingga 100 kg dalam jangka waktu yang lama. Desainnya sungguh fleksibel sehingga pengguna bebas melakukan gerakan-gerakan seperti berjongkok, mengangkat, dan berjalan pelan. Menariknya, kostum khusus ini  tidak digerakan oleh suatu kontrol manual, melainkan hanya menggunakan indra manusia saja.

Sumber:

7. Quantum Teleporter

Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

Quantum Teleporter atau nama lainnya Q-Teleportation merupakan suatu alat yang dapat menciptakan replika suatu objek atau benda yang diinginkan. Ketika replika suatu objek berhasil dibuat, objek atau benda yang sesungguhnyakan hilang. Alat canggih yang satu ini hanya bisa berfungsi untuk objek yang berukuran lebih kecil. Sebelum dibuat versi replika, quantum objek tersebut dihancurkan untuk kemudian dibuat kembali menjadi objek yang sama secara fisik.

Mekanika kuantum memungkinkan untuk beberapa hal yang sangat aneh, seperti teleportasi informasi dan komputer yang dapat memecahkan kode paling sulit sekalipun.

Baru-baru ini, para ilmuwan di Swiss Federal Institute of Technology (ETH) di Zurich membuat sebuah langkah maju dengan membangun sebuah komputer kuantum yang bekerja dengan melakukan teleporting sejumlah informasi antar chip komputer. Hasil penelitian tersebut secara rinci dipublikasikan pada 15 Agustus di jurnal Nature.

Membuat sirkuit semacam itu bisa jadi adalah tonggak penting, kata Benjamin Schumacher, seorang profesor fisika di Kenyon College di Ohio.

“Semua penasaran, benarkah kita akan bikin sebuh komputer kuantum beneran, jika iya maka komputer itu adalah “solid state,” kata Schumacher, yang tidak terlibat dalam penelitian baru.

“Solid state” mengacu pada komputer yang dibangun dengan transistor single-piece – tanpa bagian yang bergerak dan dengan komponen yang mandiri. Hampir setiap perangkat elektronik dibangun dengan elektronik solid-state. [Lucu Fisika: The Coolest Quantum Partikel Dijelaskan] Bill Munro, rese sebuah

Sumber:

8. Virtual Reality Goggles

Piranti Berteknologi Canggih di Dunia Piranti Berteknologi Canggih di Dunia

Perangkat yang satu ini mampu menghadirkan dunia virtual di dunia nyata kita seperti di rumah, kantor, area luar rumah, dll.  Sungguh canggih, bukan?

Gadis di atas sedang menggunakan perangkan Virtual Reality dari Icuiti bernama disebut iWear VR920.

konon alat itu bisa berfungsi sebagai output video di laptop atau konsol game. iWear VR920 secara harfiah bermakna permainan “melangkah di dalam”. Alat ini menggunakan kamera 3D freedom-head-tracker.

Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan simulasi komputer, baik itu nyata atau maya. Kebanyakan lingkungan virtual reality saat ini adalah visualisasi, yang ditampilkan baik pada layar komputer atau melalui display stereoskopik khusus, tapi beberapa simulasi disertai tambahan sensor informasi.

Lingkungan simulasi bisa sangat mirip dengan dunia nyata dan kadang-kadang persepsi seseorang itu bisa berbahaya bagi mereka, jika program ini berjalan pada  sesuatu yang intens sehingga menakutkan penggunanya.

Tentu saja, ini tidak ada hubungannya dengan terjebak di Virtual Reality seperti banyak film mengatakan, itu hanya sebuah perangkat yang pada dasarnya proyek 360 derajat dari lingkungan sekitar Anda. Icuiti ini VR920 adalah pemenang penghargaan 2007 CES untuk inovasi. Lebih jauh alat ini saat ini hanya akan berkutat di seputar dunia game saja.

 

Leave a Reply