Blog Detail

Bagaimana dan Apa Teknik Perawaran Mesin Industri

09 Nov 15
sahlengineering
, , ,
No Comments

Bagaimana dan Apa Teknik Perawaran Mesin Industri? Secara umum ada tiga jenis pekerjaan dari teknik perawatan mesin industri; 1. perawatan peralatan dan perawatan perlengkapan, 2 penggantian dan distribusi utilitas, yang ke 3 adalah inspeksi dan pelumasan. Ketiga aktivitas kerja perawatan mesin itu merupakan bagian dari pekerjaan utama perawatan dan pemeliharaan yang bertujuan untuk perbaikan peralatan, pemeliharaan mesin serta semua unit bagian msein yang berhubungan dengan penggunaan mesin tersebut di area produksi sebuah industri.

Bagaimana dan Apa Teknik Perawaran Mesin Industri

Bagi Sahl Engineering Cikarang yang mampu menangani pemeliharan mesin industri untuk banyak kawasan insutri terpadu seperti Jababeka KIIC hingga Suryacipta, teknik perawatan mesin Industri sendiri merupakan sebuah sistem dalam memeliharan, menjaga, mempertahankan, mengembangkan serta memaksimalkan fungsi semua sarana dari sebuah industri sehingga investasi dapat efektif dan efisien secara ekonomi. Adapun teknik perawatan ini memiliku fungsi melakukan cara-cara maintenance mesin terhadap kegiatan produksi dan non produksi pada sebuah area industri seperti pabrik.

Bagaimana dan Apa Teknik Perawaran Mesin Industri

Besarnya jumlah sarana dan prasarana dalam sebuah lingkungan industri sangat mempengaruhi volume dan lingkup perawatan yang harus dilakukan. Kebijakan-kebijakan dan peraturan yang berlaku pada lingkungan sebuah industri tertentu juga ikut menentukan sistem perawatan mesin tersebut. Rule dan kebijakan apa saja yang diterapkan pada perusahaan Anda? Sahl Engineering akan menyesuaikan schedule pekerjaan untuk memaksimalkan efektifitas dan efisiensi kerja. Hubungi kami segera untuk konsultasi maintenance mesin-mesin industri bisnis Anda.

Kontak Sahl Engineering: Tell: 021-32932559 – Fax : 021-89906474 Mobile: 0813 1531 7698 | 087879595112

Perawatan peralatan dan perawatan perlengkapan

Aktivitas pekerjaan perawatan ini meliputi maintenance dan reparasi agar mesin dan semua yang terkaitnya selalu dalam kondisi prima. Petugas maintenance mesin biasanya melakukan pencatatan terhadap daftar komponen yang rusak. Catatan yagn menjadi diagnosa dan berita acara kerja itu nantinya kan menjadi dokumentasi guna menjadi acuan pada perencanaan pekerjaan perbaikan di masa depan.

Bergantung dari jenis maintenance dan reparasi, yang terbaik adalah kecepatan sebuah proses perawatan meski tidak boleh mengesampingkan nilai-nilai ketelitian dan kesempurnaan sebuah tanggung jawab pekerjaan.

Penggantian dan distribusi utilitas

Mesin industri digerakkan oleh elektromotor yang membutuhkan supply tenaga listrik. Inilah fungsi pekerjaan penggantian dan distribusi utilitas. Biasanya pekerjaan penggantian ini adalah seputar distribusi air pendingin, penggantian komponen, pelumasan dan sebagainya. Sementara pekerjaan penggantian utilitas ini dikategorikan menjadi 2 kelompok kerja; 1-perbaikan dan pemeliharaan mekanik, 2- perbaikan dan pemeliharaan kelistrikan, akan tetapi sebagian besar pekerjaan adalah lebih kepada memastikan kelancaran kinerja mesin.

Inspeksi dan pelumasan

Inspeksi dan pelumasan terhadap mesin-mesin industri sebagai bagian dari kerja perawatan  mesin-mesin industri adalah kegiatan perawatan yang terkait dengan kegiatan proses produksi. Inspeksi di sini adalah untuk mendapatkan informasi teknis yang mendetail untuk peningkatan kinerja dan perawatan. Pelumasan sendiri adalah tindakan preventif dari aus dan pengaruh gesekan-gesekan. Pelumasan diberikan pada bagian yang membutuhkan suhu tetap terus menerus. Pelumasan yang tidak terkontrol secara berkala akan membuat mesin lebih cepat rusak dari semestinya.

Ada 6 hal penting yagn harus diperhatikan agar memperlancar pekerjaan perawatan yaitu:
1. Penyimpanan peralatan dan material kerja maintenance
2. Organisir sisa material dari mesin-mesin dan perkakas yang telah terpakai
3. Waspadi terhadap bahaya kebakaran
4. Kontrol polusi suara dan adap pembakaran
5. Manajemen arsip dokumen catatan diagnosa pekerjaan perawatan
6. Service pekerjaan.

Pekerjaan perawatan yang baik harus memaksimalkan kenerja yang optimal dalam pemeliharaan dan mempertahankan kondisi alat, terjaga kelancaran penggunaan alat produksi dan mesin serta perlengkapannya, instalasi yang aman, menciptakan efisiensi dari beberapa unit produksi, mampu memperpanjang usia teknis mesin hingga gedung, atau alat-alat lain.

Sahl engineering menjadmi pekerjaan perawatan efektif dan efisien dalam 6 jenis pekerjaan maintenance perawatan mesin industri:

1. Perawatan rutin sistematis. 2. Perawatan periodik sistematis tertentu. 3. Perawaran berencana. 4. Perawatan preventif. %. Tindakan reparasi, dan 6. Overhaul guna mengembalikan kondisi mesin dari kerusakan berat.

Demikianlah setidaknya penjelasan singkat seputar Bagaimana dan Apa Teknik Perawaran Mesin Industri.

 

Leave a Reply