Blog Detail

Belajar PLC dengan Lebih Mudah

01 Apr 15
sahlengineering
, , , , , , ,
No Comments

PLC yang merupakan kependekan dari Programmable Logic Controller adalah sebuah sistem pengendali industri yang berupa komputer. Bekerja dengan menjalankan perintah-perintah khusus dan berfungsi untuk memantau atau memeriksa kondisi mesin yang digunakan sebagai perangkat input untuk mengendalikan mesin yang digunakan sebagai perangkat output. Tulisan ini akan mengajak Anda untuk belajar PLC dengan lebih mudah. Cara kerja PLC ini sedikit rumit karena itu hanya tenaga profesional dan ahli seperti Sahl Engineering yang mampu membuat PLC yang bekerja secara maksimal menunjang proses produksi perusahaan.

Keuntungan perusahaan yang menggunakan PLC ini adalah bahwa segala hal yang terkait dalam proses produksi baik itu fungsi mesin dan juga proses yang dilakukan mesin dapat dikendalikan dan ditingkatkan kerjanya menggunakan sistem pengendali yang mampu dilakukan PLC.

Belajar PLC dengan Lebih Mudah

Sehingga hampir semua perusahaan menggunakan PLC untuk menunjang proses produksi mereka sekaligus menambah jumlah produksi yang mereka hasilkan.

Belajar PLC dengan Lebih Mudah

Bagian-bagian dari PLC

Sejarah dibuatnya PLC pertama kali adalah dimulai dari dikembangkannya PLC oleh Modicon. Model pertama PLC yang merupakan model 084 adalah buatan Dick Morley pada tahun 1969. Sekarang PLC telah berkembang sedemikian cepat dan hebat dalam membantu proses produksi dalam industri. Bagian-bagian PLC hampir sama dengan komputer yaitu CPU yang berisi sebuah program untuk membuat PLC mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Fungsi-fungsi tersebut antara lain dengan menjalankan perintah pengendali yang ada dalam program yang dimiliki oleh pengguna. Biasanya program ini disimpan dalam memori nonvolatil atau sering dikenal sebaga program yang tidak akan hilang meski daya dimatikan. Fungsi lainnya adalah mampu melakukan hubungan dengan perangkat lainnya bahkan berhubungan dengan PLC lain dan juga mampu melakukan fungsi kegiatan rumah tangga semisal komunikasi dan juga diagnostik internal.

Cara Kerja PLC

PLC sebenarnya bekerja dengan 4 langkah dasar yakni, memasukkan hasil pindaian. Gunanya adalah untuk mengenali keadaan perangkat input yang dihubungkan dengan PLC. Cara kerja kedua adalah dengan program pemindaian yang dilakukan dengan menjalankan perintah logika. Cara ketiga dengan memberikan energi kepada output yang dihubungkan dengan PLC. Dan cara kerja keempat adalah dengan housekeeping yang merupakan komunikasi dengan terminal program dan juga diagnostik internal. Bahasa yang digunakan oleh PLC beragam namun yang paling sering digunakan adalah ladder diagram atau LD yang kini mulai diperluas sehingga meliputi banyak fungsi seperti counter, timer, operasi matematika dan banyak lagi fungsi lainnya.

Pembuatan dan juga perawatan PLC hanya dapat dilakukan bengkel industri terbaik Sahl Engineering yang bekerja pada wilayah Jababeka, Cikarang dan Bekasi. Selain mampu dan profesional dalam mengerjakan PLC, bengkel industri ini juga melayani pekerjaan industri lain seperti pembuatan:

  • dies, jig&fixture
  • machining&manufacturing
  • hidrolik service
  • shaft komponen untuk mesin industri
  • silinder atau houshing piston
  • fabrikasi
  • pembuatan mesin filling dan packaging
  • plating service dan juga lining process yang meliputi rubber polyurethan

dan masih banyak pekerjaan industri lainnya yang dikerjakan secara profesional.

Leave a Reply