Blog Detail

Cara Mengatasi Masalah Pada Mixer Roti

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Pada Mixer Roti

11 Jan 16
sahlengineering
, , ,
No Comments

Inilah cara mengatasi masalah pada mixer roti.  Seperti diketahui bersama mixer roti ini sangat beragam, akan tetapi masalah yang seringkali terjadi pada mesin roti ini rata-rata sama, Anda tentunya harus mencari tahu bagaimana cara mengatasi masalah pada mixer roti tersebut. Berikut ini akan dibahas tentang beberapa masalah yang biasa terjadi pada mesin pembuat roti, dan bagaimana cara mengatasinya:

Cara Mengatasi Masalah Pada Mixer Roti

Motor mixer tidak berputar

Masalah yang paling sering dihadapi adalah pada saat mesin mixer tidak dapat berputar seperti biasaya. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan mengapa mesin mixer ini tidak dapat bekerja, seperti terlalu banyak bahan yang harus diaduk sekaligus atau ada masalah pada arus listrik. Jika yang menjadi masalah adalah arus listrik, yang disebabkan karena tidak adanya arus listrik yang masuk, maka kemungkinan besar terjadi kerusakan pada beberapa bagian yang dilalui oleh arus listrik tersebut, seperti kabel pengantar, tusuk kontak, saklar, sikat, komutator yang rusak, hingga listrik tidak dapat masuk ke dalam lilitan / kumparan motor.

Motor mixer tidak berputar dan mengeluarkan dengungan

Ada kalanya mesin mixer atau motor mixer tidak dapat berputar dan bahkan mengeluarkan dengungan, kondisi ini dapat disebabkan oleh lilitan medan bantu atau disebut juga dengan medan putar mendapatkan hubungan singkat. Kejadian seperti ini yang dapat menyebabkan motor mixer tidak berputar, jika kondisi ini dibiarkan sekitar 30 menit tentunya dapat membuat rotor dan juga lilitan stator terbakar. Untuk dapat memperbaiki mesin mixer yang rusak seperti ini sebaiknya ganti kumparan utama stator dengan yang baru.

Motor mixer berputar, disertai percikan bunga api

Ketika terjadi kontak antara sekat dan komutator yang tidak merata serta kurang pas tentunya akan menyebabkan motor pada mesin mixer tetap berputar akan detapi disertai dengan percikan api. Untuk memperbaikinya caranya:

  1. Memeriksa sikat motor . Perhatikan apakah sikat sudah pas, tidak menutupi atau bahkan kontak sikat tersambung dengan baik dengan lamel komutator.
  2. Memeriksa Kondisi Sikat. Ketika kondisi sikat sudah terlalu pendek sebaiknya diganti. Karena jika sikat sudah terlalu pendek maka tidak dapat menutupi dan tidak dapat menyambungkan antara sikat dengan bagian lamel-lamel komutator rotor

Motor mixer dapat berputar, disertai suara dengungan yang keras

Ketika terjadi kondisi dimana motor mixer masih dapat berputar akan tetapi disertai suara dengungan yang keras maka kondisi ini biasanya terjadi karena kerusakan pada bearing as rotor. Dimana seluruh bearing berada terlalu dekat dengan lingkaran bearing atau bisa jadi bearing sudah pecah. Jika kondisinya sudah seperti ini tentunya akan menyebabkan rotor melenting dan bahkan terjadi sentakan terhadap lingkaran dalam bearing pada saat motor mixer berputar

Motor mixer dapat berputar akan tetapi pengaduk adonan tidak ikut berputar

Ketika terjadi kondisi dimana motor mixer dapat berputar seperti biasanya namun bagian pengaduk adonan tidak dapat berputar maka kemungkinan kondisi seperti ini disebabkan oleh gigi kopel. Bagian ini biasanya digunakan untuk mengenggam bagian tangkai pengaduk yang kemudian terhubung dengan gigi.  Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan menganti gigi kopel dengan yang baru.

Dengan demikian Anda tentu akan mengerti bagaimana cara mengatasi masalah pada mixer roti dan jika terjadi sesuatu pada pada mixer roti Anda, tentunya Anda akan mengerti bagaimana cara memperbaikinya.

Leave a Reply