Blog Detail

Cara Mengurangi Risiko Kecelakaan Saat Menggunakan Lori

Cara Mengurangi Risiko Kecelakaan Saat Menggunakan Lori

01 Nov 17
sahlengineering
, , ,
No Comments

Anda pasti tahu roli atau trolley yang digunakan untuk mengangkut barang di lingkungan pabrik bukan? Menggunakan lori /  trolley dengan cara yang salah bukan hanya kerja tidak efisien, tapi juga bisa menyebabkan kecelakanaan kerja. Nah bagaimana cara mengurangi risiko kecelakaan saat menggunakan lori?

Bengkel bubut Jababeka? Sahl Engineering Indonesia adalah bengkel serba bisa yang mampu membuat berbagai macam mesin dan juga komponen-komponennya seperti shaft, gear, platform machine. Sahl Engineering Indonesia juga mampu membuat lori berkapasitas hingga 20 ton.

Penggunaan lori sangat bermanfaat bagi para pekerja industri. Dengan lori, para pekerja lebih mudah dalam pengangkutan barang-barang bermuatan berat yang bisa menimbulkan cedera jika diangkut secara manual atau dengan tangan.

Cara Mengurangi Risiko Kecelakaan Saat Menggunakan Lori

Meskipun lori di bengkel Sahl Engineering Indonesia sudah memenuhi standar prosedur pembuatan, risiko kecelakaan tetap saja mungkin terjadi. Penyebabnya mungkin karena kelalaian pengguna lori, lingkungan sekitar tempat lori berjalan, dan lain-lain. Itulah sebabnya penting bagi para pekerja industri mengetahui bagaimana cara aman membawa barang-barang dengan menggunakan lori.

Lingkungan kerja

Lingkungan kerja seharusnya cukup luas untuk mengakomodasi lori bermanuver dengan mudah terutama di bagian gang (jika ada) yang sempit. Ujung gang yang terlalu siku-siku sering kali membuat lori susah dibelokkan apalagi jika beban yang dibawa terlalu banyak atau terlalu berat. Maka dari itu penting bagi para pemilik pabrik atau tempat usaha untuk memilih lori dengan ukuran yang sesuai dengan lokasi kerja. Jika banyak terdapat jalur-jalur sempit di dalam pabrik, maka pilihlah lori yang berukuran kecil.

Perhatikan juga kondisi lantai. Lantai yang berminyak, dan basah akan membuat pembawa lori susah mengontrol kecepatan lori. Bisa berbahaya bagi keselamatan pembawa lori dan pekerja di sekitarnya jika lori berjalan tanpa bisa dikontrol. Lantai yang kotor dan berdebu juga akan membuat pendorong lori kesusahan karena kurangnya gaya gesekan antara roda lori dan lantai. Jika beban yang dibawa ringan, satu orang masih bisa berupaya mendorong. Bagaimana kalau barang yang dibawa banyak dan berat? Akan perlu banyak tenaga untuk mendorongnya atau barang-barang harus diturunkan dahulu. Semuanya itu akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga yang akan berpengaruh pada produktivitas pabrik. Maka dari itu disarankan untuk selalu membersihkan lantai dari debu dan kotoran. Lantai dipel secara rutin untuk menghilangkan noda minyak atau air. Jika ada lantai yang rusak, pecah, terlepas, dan sebagainya segera diperbaiki tanpa ditunda-tunda. Jika lantai berundak, sediakan papan agar roda lori bisa berjalan dengan mudah. Kalau perlu pilih lori yang bermesin jadi para pekerja bisa mendorong lori tanpa mengeluarkan tenaga manual.

Lori

Kondisi lori itu sendiri juga perlu diperhatikan untuk mengurangi risiko kecelakaan mulai dari pegangan lori hingga ke ukuran roda. Jika Anda akan menggunakan lori untuk mengangkut beban bermuatan banyak, sebaiknya Anda memilih lori dengan ukuran diameter roda besar. Diameter roda yang besar akan mengurangi tekanan yang ditimbulkan oleh beban, sehingga lori lebih mudah dikendalikan. Begitu juga dengan material roda. Roda berbahan dasar keras akan memperkecil gaya tekanan daripada roda berbahan dasar lunak seperti karet. Sebaiknya Anda hindari lori yang beroda ban berisi udara jika dalam keseharian Anda lori digunakan untuk mengangkut beban berat karena saat lori ditimpa beban, roda akan tergencet mengakibatkan gaya tekanan pada ban sangat tinggi sehingga ban akan susah berputar.

Perhatikan letak roda. Sebaiknya roda terletak sejajar dengan bagian ujung pegangan tangan. Selain itu pegangan tangan sebaiknya setinggi kurang lebih 1 meter dari lantai sesuai dengan jarak tangan dari lantai kebanyakan orang. Jadi saat Anda mendorong lori, Anda tidak akan terlalu membungkuk.

Karyawan

Meskipun lori terlihat sederhana, tetap saja karyawan Anda perlu diajari bagaimana posisi tubuh saat mendorong atau menarik lori agar otot tubuh tidak keseleo, dan bagaimana cara bermanuver saat lori membawa beban berat. Apalagi jika lori yang Anda gunakan ada mesinnya. Latih karyawan Anda bagaimana cara mengoperasikannya dan dalam batas kecepatan berapa.

Jika Anda membutuhkan lori kapasitas  s/d 20 ton Anda bisa menghubungi Sahl Engineering Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Bekasi. Perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur dan fabrikasi lori berkapasitas  s/d 20 ton. Jadi, butuh bengkel mesin industri Bekasi? Sahl Engineering Indonesia jawabannya.

Save

Leave a Reply