Blog Detail

Cara Merawat Mesin Industri

17 Mar 15
sahlengineering
, , , , , ,
No Comments

Mesin industri adalah sebuah peralatan yang dipergunakan untuk industri untuk menjalankan usahanya. Sebuah mesin industri juga perlu perawatan, perawatan mesin industri tidak sembarangan. Artikel ini adalah tentang cara merawat mesin industri dengan effektif. Teknik perawatan mesin industri adalah sebuah sistem kegiatan yang berfungsi untuk menjaga, mempertahankan, memelihara, mengembangkan dan juga memaksimalkan fungsi dan daya guna dari semua sarana yang ada dalam sebuah bengkel atau sebuah industri, dengan begitu maka modal atau investasi yang telah ditanamkan akan berhasil, dengan begitu mesin dapat menghasilkan sesuatu yang akan bernilai tinggi secara ekonomis.

Cara Merawat Mesin Industri

Cara Merawat Mesin Industri

Ruang lingkup perawatan industri sangat tergantung dari banyaknya barang yang ada dalam sebuah industri. Sedangkan fungsi dari perawatan adalah memelihara dan juga melindungi mesin dari segala sesuatu yang sifatnya dapat merusak mesin tersebut.

Berikut adalah beberapa tugas perawatan mesin industri ;

1. Merawat peralatan dan berbagai perlengkapan

Kegiatan perawatan meliputi berbagai macam pemeliharaan dan juga perbaikan mesin. Hal itu ditujukan agar mesin dan juga peralatan lainnya yang masih ada hubungannya dengan kegiatan industri dapat berfungsi dengan baik.

2. Pergantian dan juga pendistribusian utilias

Kegiatan ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu; bagian perbaikan dan pemeliharaan mekanik dan bagian pemeliharaan dan perbaikan listrik. Bagian perbaikan dan pemeliharaan mekanik adalah mengganti berbagai macam mekanik atau peralatan yang sudah tidak layak pakai, entah itu onderdil besar atau onderdil kecil, juga merawat semua peralatan dengan baik. Sedangkan yang dimaksud dengan pergantian utilitas atau pemeliharaan dan perbaikan listrik adalah mengganti atau merawat segala macam peralatan yang menggunakan listrik. Pergantian utilitas sendiri lebih pada mendistribusikan air pendingin, pelumas dan juga komponen lainnya, bagian seperti ini memang lebih baik ditangani oleh bagian perawatan.

3. Pelumasan dan inspeksi

Pada saat ini pelumasan dan inspeksi adalah kegiatan yang berfungsi untuk merawat berbagai macam peralatan mesin yang ada hubungannya dengan proses kegiatan produksi. Kegiatan inspeksi ini dilakukan untuk mencari tahu segala macam data teknik, terutama untuk meningkatkan kierja mesin dan juga merawatnya dengan baik. Adapun kegiatan pelumasan adalah upaya untuk mencegah terjadinya keausan pada beberapa bagian yang sering bergesekan dan juga pada bagian mesin yang memerlukan suhu konstan, jika mesin pada bagian ini tidak dirawat dengan baik, maka mesin akan cepat rusak.

Selain masalah merawat mesin dan juga merawat berbagai macam perlengkapan lainya, sebaiknya sebuah perusahaan atau bagian perawatan menyediakan beberapa hal yang diperlukan untuk menunjang produksi dalam sebuah pabrik agar dapat berjalan dengan baik, seperti ;

  • Tempat penyimpanan, berbagai macam persediaan bahan dan juga alat
  • Tempat penyimpanan barang-barang yang sudah tidak terpakai
  • Peralatan perlindungan kebakaran
  • Peredam suara dan juga polusi
  • Tempat penyimpanan dokumentasi dan juga administasi pemeliharaan dan juga perbaikan.
  • Tempat pelayanan perawatan

Perawatan bertujuan untuk merawat berbagi macam peralatan mesin produksi guna menunjang berlangsungnya sebuah pabrik. Ketika mesin-mesin dirawat dengan baik, maka usia mesin akan jauh lebih lama, ketimbang yang tidak dirawat, Dengan dirawatnya sebua mesin-mesin produksi dengan baik, akan membuat hasil produksi semakin baik.

Demikianlah cara merawat mesin industri. Untuk proses perawatan tersebut kita dapat menggunakan tenaga ahli dibidangnya seperti Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi.

Bagikan Info ini:

Leave a Reply