Blog Detail

robots in a car plant

Ini Dia 4 Tips K3 Di Lingkungan Perusahaan Engineering

10 Apr 21
sahlengineering

No Comments

Bekerja di perusahaan engineering tentunya mewajibkan anda untuk mengetahui Tips K3 di perusahaan engineering / permesinan itu sendiri. Karena jika anda tidak mengetahui hal tersebut, maka bukan tidak mungkin anda pun akan seringkali melakukan kesalahan yang dapat menimbulkan kecelakaan, baik itu pada diri anda sebagai pekerja atau bahkan orang-orang di sekitar yang tentunya menjadi rekan kerja anda. Pada dasarnya untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan K3 di dalam suatu perusahaan itu dapat ditangani dengan lebih mudah, seperti halnya menggunakan layanan Jasa K3  yang saat ini tentunya dapat anda temukan dengan mudah dan bahkan tersedia di berbagai belahan wilayah di Indonesia. Akan tetapi, selain mengandalkan layanan jasa itu sendiri, anda yang bekerja pada perusahaan engineering (permesinan) wajib hukumnya untuk mentaati aturan K3, karena hal tersebut juga berkaitan dengan keamanan serta keselamatan kerja anda. Seperti halnya beberapa tips k3 di lingkungan pekerjaan engineering di bawah ini :

Pahami ketentuan serta kebijakan perusahaan

Setiap perusahaan tentunya memiliki aturan serta kebijakan masing-masing yang berbeda antara satu dengan lainnya, utamanya dalam masalah keamanan serta keselamatan kerja. Karena itulah sebagai pekerja di perusahaan engineering atau permesinan, maka wajib bagi anda untuk mengenal serta memahami beragam peraturan serta kebijakan yang dimiliki perusahaan. Dengan demikian, anda dan karyawan lainnya pun dapat meminimalisir tingkat kecelakaan yang mungkin saja terjadi. Lebih dari itu, jika anda merasa kurang jelas dengan setiap aturan atau kebijakan yang ada, maka pastikanlah untuk bertanya pada teman kerja atau bahkan atasan yang anda miliki. Dengan demikian pemahaman dari aturan serta kebijakan pun dapat diterapkan dengan lebih baik.

Kenali tempat kerja

Bagian selanjutnya yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah mengenali tempat kerja yang anda miliki, jika anda bekerja di perusahaan engineering, maka pekerjaan yang dilakukan pun tentunya tidak jauh dari masalah permesinan. Dengan demikian, pastikanlah untuk mengenali sistem atau cara kerja dari peralatan yang digunakan olehnya, sehingga anda pun dapat menghindari resiko kecelakaan kerja serta menerapkan tips safety  dengan lebih mudah dan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Pasalnya jika anda tidak dapat mengenali tempat kerja anda dengan baik, maka tingkat kesadaran serta kewaspadaan terhadap beragam hal yang berkaitan dengan aturan serta kecelakaan kerja pun tidak akan anda pahami dengan baik pula, Hal inilah yang kemudian dapat memicu terjadinya kesalahan serta kecelakaan kerja.

Jangan pernah meremehkan bahaya

Bekerja di dalam ruangan atau pun di luar ruangan tetap saja memiliki resiko kerja yang berbahaya. Karena itulah pihak perusahaan engineering atau permesinan umumnya telah menyediakan perlengkapan safety yang tentunya dapat digunakan oleh para pekerja sehingga dirinya pun dapat terjaga dengan lebih baik. Dalam hal ini, jangan pernah mengabaikan setiap aturan yang ada, seperti halnya tidak menggunakan perlengkapan safety sesuai dengan fungsinya, karena selain membahayakan keselamatan anda, resiko kecelakaan dari pekerjaan pun tentunya tidak dapat anda hindari dengan begitu saja.

Gunakan perlengkapan sesuai prosedur

Seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, selain tidak membiasakan diri untuk meremehkan lingkungan di sekitar, pastikan pula untuk selalu menggunakan perlengkapan keamanan dengan tepat. Pasalnya kecelakaan atau kesalahan kerja itu sendiri dapat terjadi di mana saja dan menimpa siapa pun, tidak terkecuali anda dan para pekerja lainnya. Untuk itu, karena anda bekerja di lingkungan perusahaan engineering yang tentunya berkaitan dengan mesin, maka penggunaan alat pengaman pun menjadi bagian penting yang tidak boleh anda tinggalkan.

Selain memperhatikan beberapa bagian di atas tadi, anda juga dapat menggunakan layanan jasa dari perusahaan jasa K3 Terdekat pada perusahaan engineering / permesinan yang anda miliki.

Leave a Reply

Open chat