Blog Detail

Kelebihan Mesin Bubut di Industri Engineering

30 Dec 20
sahlengineering
,
No Comments

Apasajakah Manfaat Menggunakan Mesin Bubut?

Alat mesin bubut membentuk suatu benda dengan cara memotong, mengampelas, mengebor atau membentuk dengan alat dengan cara memutar benda tersebut pada porosnya. Umumnya mesin bubut digunakan untuk memberi bentuk pada benda kerja dan memiliki banyak bagian.

Sebagian besar adalah tuas servis pengumpan, level gigi belakang, head stock, pelat muka, tiang pahat, sandaran majemuk, sadel, kenop kopling, dan tuas setengah mur. Setiap bagian dari mesin sangat penting dan menjalankan fungsi yang sangat rumit.

Orang yang mengoperasikan mesin disebut pembalik. Ini sepenuhnya tergantung pada turner berpengalaman untuk melakukan pekerjaan hebat yang menuntut tingkat perhatian yang besar.

Ada berbagai jenis mesin bubut yang digunakan untuk pengerjaan kayu, pengerjaan logam, pengerjaan kaca, pemintalan logam, pembubutan hias, pembentuk, putar & pembuatan jam. Setiap jenis mesin bubut digunakan untuk fungsi tertentu. Misalnya, bengkel baja menggunakan mesin bubut logam & bengkel pertukangan menggunakan mesin kayu.

Mesin bubut dapat digunakan untuk membentuk objek yang berbeda. Selain itu, batang bundar yang kokoh dapat dibentuk menjadi baut dengan membuat benang khusus. Ini dapat digunakan untuk pengeboran yang rumit di mana sulit di mesin bor umum dan dapat mengebor pada sudut tertentu dengan mengatur derajat.

Boring merupakan salah satu fungsi mesin bubut yang digunakan untuk membuat lubang pada suatu benda. Dapat memotong 6 inci lubang dengan mudah dengan menggunakan alat tajam. Ada dua jenis alat yang banyak digunakan untuk memotong material padat seperti M.S. alat potong & alat potong berlian. Kedua jenis alat ini digunakan untuk menyempurnakan objek.

Benda bubut yang digunakan untuk mengasah merupakan paduan yang dibentuk dengan menambahkan beberapa bahan untuk mengeraskannya. Konsep bubut telah terbentuk sejak tahun 1300 (SM) hingga saat ini.

Selama ini telah berkembang untuk fungsi yang berbeda terutama dalam pekerjaan mekanik, pekerjaan pertukangan, pekerjaan kaca dan fabrikasi baja dimana kontribusinya sangat penting.

Pak Iswandi adalah seorang ahli dalam fabrikasi baja dan bekerja di perusahaan Sahl Engineering di Cikarang yang sangat sukses. Ia juga telah berkonsultasi dengan ribuan klien sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan mereka untuk industri ini.

Leave a Reply