Blog Detail

Knock Nevi’s Menjadi Kapal Terbesar di Lautan Dunia

18 Aug 15
sahlengineering
,
No Comments

Knock Nevis, dulunya bernama SeaWise Giant Menjadi Kapal Terbesar Di Lautan Dunia. Lautan yang ada di dunia ada banyak dan beberapa wilayah lautan terbilang luas dan dalam. Ketika orang-orang hendak menyebrangi lautan, maka perlu alat transportasi laut berupa kapal. Kapal tidak hanya berdiri sebagai alat transportasi laut. Beberapa kapal diciptakan untuk keperluan mengangkut barang sampai untuk pertambangan.

Kapal Terbesar di Lautan Dunia

Seperti kapal Knock Nevi’s. Kapal ini adalah kapal terbesar yang ada di dunia. Bukan sebagai kapal pengangkut penumpang, melainkan sebagai kapal super tanker. Lebih jelasnya, Anda dapat menyimak berikut ini mengenai Knock Nevi’s.

Pembangunan Knock Nevi’s

Tahun 1979 adalah tahun untuk diciptakannya sebuah kapal terbesar bernama kapal Knock Nevi’s. Kapal yang dipesan oleh seorang jutawan asal negara Yunani ini dibangun. Namun ternyata kapal Knock Nevi’s ini tidak jadi jatuh ke tangan si pemesan karena jutawan tersebut mengalami bangkrut. Akhirnya, kapal pesanan si jutawan jatuh ke orang lain yaitu, CY Tung yang memiliki Orient Overseas Container Line di negara Hongkong.

Spesifikasi Dimensi Kapal Knock Nevi’s

Berkali-kali disebutkan bahwa kapal Konock Nevi’s adalah kapal terbesar. Anda tentu sudah penasaran berapa sebenarnya dimensi yang dimiliki oleh kapal super tanker ini. Kapal ini memiliki ketinggian mencapai tiga puluh meter, lebar mencapai enam puluh sembilan meter, dan panjang empat ratus lima puluh delapan koma empat puluh lima meter. Untuk beratnya pun sudah pasti sangat berat karena mencapai lima ratus enam puluh empat koma tujuh ratus enam puluh tiga ton. Jika Anda melihat body kapal Knock Nevi’s, maka akan takjub melihat ukurannya yang sangat besar bahkan lebih luas dari lapangan untuk olahraga sepak bola.

Pemilik Kapal Knock Nevi’s

Kapal terbesar ini terbilang tidak memiliki pemilik tetap. Dengan kata lain selalu berpindah-pindah bahkan menjadi kapal yang memiliki nasib kurang beruntung. Tahun 1982 kapal yang semula bernama Seawise Giant digunakan untuk mengangkut tambang minyak di negara Iran. Tahun 1986, kapal ini terkena serangan bom perang Iran dan Irak. Dan kapal ini diperbaiki di galangan kapal yang ada di negara Singapura. Tahun 1988, nama kapal Seawise Giant berubah Happy Giant setelah dibeli oleh perusahaan International Norman Seawise. Tahun 1999, kapal ini pun berganti lagi pemilik dan berubah nama menjadi Jahre Viking. Dan di tahun 2004, kapal ini akhirnya memiliki nama Knock Nevi’s ketika berhasil dibeli oleh perusahaan bernama First Olse Tankers negara Norwegia.

Fungsi Kapal Knock Nevi’s

Knock Nevi’s adalah kapal super tanker yang biasa digunakan untuk mengangkut tambang. Juga untuk menyimpan hasil tambang seperti minyak di lautan dalam kapasitas yang sangat besar. Fungsi dari kapal ini tentu saja untuk penyimpanan terampung serta pemindahan terapung. Namun kini, kapal terbesar bernama Konck Nevi’s tidak lagi digunakan seperti fungsinya. Meskipun begitu, kapal Knock Nevi’s tetap bertahan dengan sebutan kapal yang paling besar di lautan dunia.

Bagikan Info ini:

Leave a Reply