Blog Detail

Manajemen Pemeliharaan Mesin Pabrik

30 Mar 15
sahlengineering
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
No Comments

Dalam proses produksi, mesin pabrik atau machine industry memiliki peran penting. Mesin pabrik menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi lancar tidaknya proses produksi yang dilakukan. Karenanya perawatan mesin pabrik menjadi satu hal yang tidak boleh terlupa. Artikel ini adalah tentang bagaimana dan cara manajemen pemeliharaan mesin pabrik.

Manajemen pemeliharaan mesin pabrik pun diyakini menjadi langkah tepat untuk mengetahui kapan mesin yang digunakan membutuhkan perawatan. Tujuannya agar setiap proses kerja di pabrik dapat berjalan lancar dan tidak terlambat.

Manajemen Pemeliharaan Mesin Pabrik

Manajemen Pemeliharaan Mesin Pabrik

Urgensi Pemeliharaan Mesin

Agar produk dapat bersaing sehat di pasaran kualitas produk mesti dapat dijaga. Demikian pula dengan harga sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Adapun yang terpenting produk yang diproduksi juga mesti dapat sampai di tangan konsumen tepat waktu. Terlebih untuk produk yang memiliki masa expired. Kecepatan produksi dan distribusi produk kepada konsumen harus lancar. Karena setiap konsumen jelas menyukai produk-produk baru dibanding produk yang telah disimpan beberapa berminggu di gudang.

Inilah mengapa menjaga kualitas proses produksi mesti didukung dengan peralatan yang mumpuni dan selalu siap digunakan kapan saja. Maka perawatan mesin pabrik menjadi agenda penting yang harus dilakukan secara terencana dan teratur. Guna memudahkan pemiliharaannya perusahaan membutuhkan sistem manajemen pemeliharaan mesin pabrik yang baik.

Tujuan Manajemen Pemeliharaan Mesin

Manajemen pemeliharaan mesin dilakukan tentu didasarkan pada suatu tujuan. Adapun fokus manajemen yaitu terletak pada perawatan mesin, sehingga tujuan manajemen pemeliharaan mesin itu sendiri untuk menjaga kondisi mesin tetap baik dan dapat digunakan dalam proses produksi sebagaimana mestinya.

Bila mesin selalu dalam kondisi baik, jelas proses produksi bisa terjamin akan menghasilkan produk berkualitas yang siap dipasarkan. Dalam hal ini pun pihak perusahaan yang diuntungkan. Jadi manajemen pemeliharaan mesin sebenarnya bukan hanya untuk kepentingan perusahaan, tetapi juga untuk kepentingan investor sebagai penanam modal dalam perusahaan. Karenanya manajemen pemeliharaan mesin juga dianggap penting untuk para investor.

Dengan manajemen pemeliharaan mesin ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh. Beberapa keuntungan tersebut misalnya dapat meminimalisir kerusakan pada mesin, menghemat biaya reparasi mesin, meningkatkan daya guna mesin, mengurangi risiko kecelakaan kerja akibat mesin bermasalah, dan lainnya. Karenanya manajemen pemeliharaan mesin tidak bisa dianggap remeh.

Sebagai sebuah bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi, Sahl Engineering pun menyadari urgensi dari manajemen pemeliharaan mesin pabrik. Adapun ada sejumlah pelayanan profesional yang ditawarkan, seperti:

  • Design & Pembuatan Dies
  • Jig & Fixture
  • Fabrikasi: Pembuatan Platform Machine, Lori Cap. s/d 20 Ton
  • Hidroulik Service: Design & Pembuatan Lifter Unit, Piston Rod, Cylinder/Houshing Piston
  • Machining & Manufacturing: Pembuatan bermacam Type Gear, Shaft, dan komponen untuk mesin Industri
  • Industrial Automation & Programming Logic Control (PLC)
  • Machinery Pembuatan mesin Filling
  • Machinery Packaging
  • Hard-chrome Plating service
  • Nickle-chrome Plating service
  • Anodizing Plating service
  • Rubber Lining Process
  • Polyurethane Lining Process
Bagikan Info ini:

Leave a Reply