Blog Detail

Hal-hal Mendasar Mengenai Mesin Bubut

07 Apr 21
sahlengineering
,
No Comments

mesin bubut – Dunia industri sangat bergantung pada mesin sebagai sarana produksi yang mampu menghasilkan banyak produk dalam waktu yang tidak lama. Kebutuhan yang besar akan suatu barang menuntut industri untuk mengerahkan tenaga produksi pada mesin yang mampu menghasilkan banyak barang dalam waktu cepat.

Salah satu mesin yang digunakan dalam bidang ini adalah mesin bubut. Mesin ini digunakan untuk melakukan proses pemotongan benda dengan prinsip kerja berputar. Dibandingkan dengan mesin lainnya, mesin ini lebih banyak digunakan, terutama di pabrik-pabrik besar.

Mesin ini berkembang dengan berbagai jenis dan kemampuan bekerja. Perkembangan teknologi membawa mesin ini pada inovasi-inovasi yang terus diperbarui untuk memenuhi kebutuhan industri dan memudahkan pekerjaan manusia. Mulanya mesin bubut digunakan dengan prinsip kerja sederhana da dirancang dengan papan kayu. Selanjutnya, mesin ini didesain ulang dan diperbarui terus-menerus hingga bisa dioperasikan dengan menggunakan bantuan komputer.

Untuk mengoperasikan mesin bubut ini dapat dilakukan dua cara, tergantung pada jenis mesinnya. Dari cara pengoperasiannya, mesin ini terdiri atas mesin bubut konvensional atau manual dan mesin bubut otomatis. Mesin bubut yang dioperasikan dengan cara manual atau konvensional. Cara kerjanya membutuhkan tenaga manusia secara langsung. Sementara itu, mesin bubut otomatis juga sudah banyak digunakan, dan melakukan pemotongan benda secara otomatis. Dalam hal ini pengoperasiannya dilakukan dengan bantuan komputer.

Terdapat tool magazine yang akan meminimalisasi tenaga manusia dalam pengoperasiannya. Hal ini membuat pekerjaan lebih efisien dan lebih ringan dilakukan. Namun keterampilan dalam mengoperasikan program komputer yang tersinkronisasi dengan mesinnya menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh si operator mesin.

Pada dasarnya, mesin bubut berfungsi membentuk benda dengan cara diputar dalam kecepatan tertentu melalui proses pemakanan pahat. Hal ini juga menyebabkan mesin bubut mampu melakukan beberapa gerak, misalnya gerak berputar, melintang, dan memanjang. Gerakan-gerakan inilah yang nantinya dilakukan dalam proses pembubutan (meliputi pembubutan muka, rata, drilling, ulir, dan tirus), knurling, atau perluasan lubang.

Untuk menggunakannya, kita dapat melakukan beberapa tahapan. Hal mendasar yang harus kita lakukan sebelum mengoperasikan mesin bubut adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, misalnya kunci chuck, pahat bubut, dan lain sebagainya. Kita juga perlu memastikan bahwa terdapat aliran listrik yang akan membantu proses operasi mesin bubut. Sebelum menggunakannya, pastikan mesin dalam keadaan padam. Selanjutnya, pahat bubut yang berada di rumah pahat dipasang setinggi ujung senter.

Berikutnya benda kerja yang akan dibubut dipasang pada chuck, lalu bubut benda kerja sesuai bentuk dan spesifikasi yang diinginkan. Perlu kehati-hatian dalam melakukan proses ini agar diperoleh hasil benda yang sesuai keinginan dan keselamatan kerja tetap terjaga. Itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui tentang mesin bubut.

Leave a Reply