Blog Detail

Bermacam Mesin Pengemas Makanan dan Minuman

Mengenal Bermacam Mesin Pengemas Makanan dan Minuman

11 Dec 15
sahlengineering
, ,
No Comments

Mesin pengemas produk makanan itu jenis banyak sekali. Bermacam-macam. Yuk mari kita mengenal bermacam mesin pengemas makanan dan minuman.

Bermacam Mesin Pengemas Makanan dan Minuman

Aneka macam mesin pengemas

Ketika Anda membeli sebuah produk makanan atau minuman, hal pertama yang Anda perhatikan adalah kemasan. Kemasan sebuah makanan memang harus menarik, agar para konsumen  tertarik akan makanan atau minuman tersebut. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kecanggihan teknologi yang ada, maka berkembang juga berbagai macam mesin pengemas makanan dan minuman yang ada saat ini, sehingga membuat para produsen pembuat makanan dan minuman baik dalam slaka UKM maupun skala industri dapat menggunakan mesin yang sesuai dengan kebutuhannnya.

Berikut ini adalah beberapa mesin pengemas makanan atau minuman yang dapat Anda ketahui :

Mesin pengemas plastik

Mesin pertama yang paling banyak digunakan adalah plastic film sealer atau mesin pengemas plastik. Mesin seperti ini adalah mesin yang paling banyak dalam berbagai macam industri, mesin seperti ini mempunyai berbagai macam tipe sesuai dengan kebutuhannnya, ada yang menggunakan tangan dan ada juga yang mengguakan kaki / pedal. Fungsi dari mesin ini adalah untuk merekatkan kemasan makanan yang terbuat dari plastik.

Mesin pengemas sachet

Mesin ini tentu digunakan untuk mengemas berbagai makanan atau minuman dalam kemasan sachet. Mesin seperti ini juga banyak digunakan dalam berbagai macam industri baik itu industri makanan, minuman atau bahkan obat-obatan. Jenis atau tipe mesin seperti ini juga sangat beragam, tergantung kebutuhan si pemakai.

Mesin pengemas Vakum

Disebut juga dengan Vacuum sealer. Mesin seperti ini tentunya banyak digunakan dalam berbagai macam industri makanan, terutama industri makanan beku, dengan maksud untuk menghilangkan udara yang ada di dalam kemasan, mencegah tumbuhnya bakteri yang masuk ke dalam makanan tersebut, dan mencegah pembusukan pada makanan tersebut. Dengan demikian makanan yang dibuat cenderung awet. Jenis kemasan seperti ini biasanya digunakan pada industri makanan beku, dengan harapan makanan yang akan disajikan kelak, awet atau tahan lama. Karena makanan seperti ini bisanya cepat rusak ketika terlalu lama terkena udara, dan hingga menyebabkan makanan cepat busuk.

Mesin pengemas minuman

Mesin pengemas minuman sepeti ini tentu sering Anda lihat, terutama di pedangang minuman dalam bentuk cup. Mesin ini berfungsi untuk menutup gelas plastik mimuman, dengan cara memanaskan plastik yang ada di pinggir gelas dengan tutup yang juga terbuat dari plastik. Dengan demikian maka minuman tersebut tidak akan tumpah dan pada konsumen dapat mengkonsumsi minuman tersebut kapan dan dimana saja. Mesin seperti ini juga terdiri dari berbagai macam jenis, ada yang ukurannya besar dan ada juga yag ukurannya kecil tergantung kebutuhan dari produsen pembuat minuman tersebut.

Mesin packing cairan

Mesin seperti ini biasanya digunakan dalam industri minuman yang berbentuk botol. Mesin sepeti ini biasanya digunakan dalam skala besar, dan juga terdiri dari berbagai macam tipe yang dapat disesuaikan dengan si produsen pembuat minuman tersebut.

Mesin-mesin seperti ini tentunya sangat dibutuhkan oleh para pengusaha atau para produsen pembuat makanan atau minuman kemasan. Ketika menggunakan mesin-mesin seperti ini tentunya akan membuat makanan atau minuman yang akan dibuat cenderung higienis, awet dan aman untuk dikonsumsi.

Menggunakan teknik pengemasan yang tepat, akan membuat makanan yang dihasilkan tahan lama, karena tidak akan terkontaminasi udara yang tidak baik untuk makanan tersebut. Dengan aneka macam mesin pengemas makanan seperti ini, ada baiknya jika memperhatikan dengan benar kebutuhan mesin, daya listrik dan budget yang Anda miliki.

Demikianlah bermacam mesin pengemas makanan dan minuman.

 

Bagikan Info ini:
Share

Leave a Reply