Blog Detail

Pelumas Khusus Untuk Mesin Industri Makanan

12 Dec 15
sahlengineering
, , ,
No Comments

Seperti apakah pentingnya menggunakan pelumas khusus untuk mesin industri makanan? Pelumas khusus untuk mesin industri makanan – Seperti diketahui untuk membuat makanan agar awet para produsen makanan menggunakan teknik pengolahan makanan kalengan. Teknik ini mereka lakukan agar makanan atau minuman yang mereka hasilkan cenderung higienis dan awet bahkan hingga berbulan-bulan. Teknik atau cara seperti ini tentu saja menguntungkan, karena dengan begitu para konsumen dapat menggunakan atau mengkonsumsi produk yang dihasilkan kapan saja.

Pelumas Khusus Untuk Mesin Industri Makanan

Proses pengalengan makanan tersebut juga tidak mudah, ada beberapa macam tahapan yang harus dilakukan agar makanan yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, adapun beberapa tahapan yang harus dilalui adalah teknik printing, slitting, pressing, assembly dan yang terakhir adalah canning. Dengan panjangnya tahapan yang harus dilalui tersebut tentunya membutuhkan berbagai macam mesin.

Mesin-mesin yang diperlukan untuk proses terserbut adalah printing, coating, slitting, stamping press, liner dan yang terakhir adalah wedding, banyaknya mesin-mesin yang dibutuhkan membuat perawatan yang dilakujkan harus baik, agar makanan yang dihasilkan awet dan tentunya aman untuk dikonsumsi.

Cara merawat mesin

Untuk membuat makanan yang dihasilkan layak untuk dikonsumsi, maka berbagai macam mesin yang digunakan harus dirawat dengan baik. Jika setiap mesin tersebut dirawat dengan baik, secara otomatis mesin akan selalu terjaga kebersihannya dan membuat mesin jadi awet ketika digunakan.
Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk membuat mesin tahan lama dan juga higienis seperti:

Membersihkan mesin secara berkala

Mesin-mesin seperti ini perlu dibersihkan secara berlaka, agar setiap debu atau kotoran ayng menempel pada mesin dapat dibersihkan dengan baik. Hal ini juga baik untuk dilakukan agar debu yang menempel tidak akan masuk ke dalam makanan, karena dapat menyebabkan makanan atau minuman terkontaminasi oleh debu atau kotoran dari mesin tersebut.

Mengganti berbagai macam spare part yang dirasa sudah tidak layak pakai

Hal ini juga perlu dilakukan secara berkala, agar kondisi mesin selalu dalam kondisi prima, sehingga memperlancar proses produksi. Ketika Anda rutin mengganti berbagai macam spare part yang dirasa sudah tidak layak pakai akan membuat mesin menjadi awet, dan pastinya akan sangat mengurangi kost untuk mengganti mesin yang baru.

Menggunakan pelumas yang pas agar proses kerja mesin lancar

Seperti diketahui bersama bahwa setiap mesin perlu menggunakan pelumas untuk memperlancar beberapa roda atau penggerak lainnya yang ada di dalam mesin. Dengan menggunakan pelumas seperti ini, tentunya akan membuat mesin menjadi awet dan kerja mesin juga akan stabil.

Teknik merawat mesin seperti ini memang tidak boleh sembarangan, harus menggunakan orang yang memang ahli di bidang perawatan mesin, dengan demikian maka mesin akan tetap awet dan tentunya dapat bertahan lama.

Menggunakan pelumas khusus

Akan tetapi yang harus Anda semua ketahui adalah, tidak semua pelumas dapat dipergunakan untuk mesin industri makanan, khususnya yang akan digunakan untuk melumasi beberapa bagian yang langung bersinggungan dengan makanan. Dibutuhkan sebuah pelumas khsusus yang aman jika digunakan pada mesin yang bersinggungan langsung dengan makanan. Dengan menggunakan pelumas seperti ini, maka mesin tetap lancar dalam bekerja, dan makanan yang diproduksi juga tidak akan terkontaminasi oleh pelumas tersebut.

Tidak akan ada efek samping negatif ketika menggunakan pelumas khusus untuk mesin industri makanan seperti ini, baik pada mesin maupun pada makanan yang dihasilkan, karena fungsi pelumas ini hanya fokus pada mesin, agar tidak cepat aus dan dapat bekerja sebagai mana mestinya.

Bagikan Info ini:

Leave a Reply