Blog Detail

Tips Membeli Mesin Industri Makanan untuk UKM

Tips Membeli Mesin Industri Makanan untuk UKM

10 Dec 15
sahlengineering
, , ,
No Comments

Bagaimana tips membeli mesin industri makanan untuk UKM? Sahl engineering sebagai bengkel industri yang melayani reparasi manufaktur serta fabrikasi kebutuhan mesin-mesin industri di seputaran Jababeka Bekasi hingga KIIC Suryacipta Karawang akan berbagi tips dengan Anda.

Tips Membeli Mesin Industri Makanan untuk UKM

Ingin mengembangkan sebuah bisnis UKM menjadi lebih baik, tentunnya Anda membutuhkan mesin industri makanan yang baik, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Mesin-mesin tersebut harus berkualitas agar makanan yang Anda buat menghasilkan makanan yang berkualitas dan agar dapat disukai oleh para pelanggan. Berikut ini adalah tips untuk membeli mesin untuk industri makanan untuk UKM :

Perhatikan berbagai kebutuhan mesin

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan memilih mesin untuk industri makanan skala UKM adalah memperhatikan berbagai macam mesin yang dibutuhkan seperti mesin vacuum, mesin packing, dll. Dengan memperhatikan kebutuhan mesin seperti itu, maka Anda akan dapat mengetahui mesin apa yang sedang Anda butuhkan.

Perhatikan budget yang Anda miliki

Anda juga sebaiknya memperhatikan masalah budget yang Anda miliki saat ini. Sesuaikan juga dengan kebutuhan untuk membeli mesin tersebut. Ada baiknya jika Anda mencari tahu harga untuk mesin yang Anda butuhkan tersebut. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda mengerti dan mempersiapkan budget yang sesuai untuk membeli mesin yang diinginkan.

Jika harga mesin terlalu mahal dan Anda sangat membutuhkan mesin tersebut, tidak ada salahya jika mencari tahu harga second dari mesin tersebut, dengan demikian Anda tetap dapat memiliki mesin tersebut namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Perhatikan kapasitas listrik yang dibutuhkan

Anda juga perlu memperhatikan berapa kapasitas listrik untuk mesin yang hendak Anda beli tersebut, perhatikan juga berapa kapasitas listrik yang Anda miliki. Sebaiknya sesuaikan daya listrik mesin tersebut dengan listrik yang Anda miliki saat ini. Dengan begitu maka pengeluaran listrik  Anda tidak akan semakin besar, jika daya listrik naik, tentunya akan mempengaruhi biaya produksi.

Perhatikan desain dan spesifikasi mesin

Perhatikan juga desain dan juga spesifikasi dari mesin tersebut, tidak ada salahnya ketika Anda membeli mesin untuk industri makanan, menanyakan cara menggunakan cara merawat dll. Hal seperti ini penting Anda ketahui, agar mesin tersebut dapat diperbaiki terika terjadi kerusakan ringan. Selain itu dengan memperhatikan hal-hal seperti itu Anda juga akan mengetahui bagaimana cara menggunakan dan merawat mesin tersebut dengan baik, agar mesin semakin awet.

Ketersediaan spare part mesin

Anda dapat menanyakan dan juga mencari tahu apakah spare part untuk mesin yang akan Anda beli tersebut banyak dipasaran atau sulit dicari. Anda perlu memikirkan hal tersebut. Kenapa? Agar ketika terjadi kerusakan maka mesin tersebut masih dapat diperbaiki. Akan lebih baik jika perusahaan pembuat mesin tersebut menerima reparasi sehingga ketika terjadi kerusakan pada mesin yang dibuatnya tersebut, perusahan tersebut dapat memperbaikinya. Ini akan membuat Anda tidak perlu merasa khawatir ketika terjadi kerusakan pada mesin yang Anda beli tersebut.

Adanya garansi

Penting juga untuk mencari tahu apakah mesin yang akan Anda beli tersebut mempunyai garansi atau tidak. Ketika produk mesin yang Anda beli memiliki garansi secara otomatis mesin tersebut akan terawat dengan baik, dan jika terjadi kerusakan maka pihak perusahaan dapat bertanggung jawab dan memperbaiki kerusakan tersebut.

Selain membeli Anda juga perlu mencari tahu bagaimana cara merawat mesin untuk industri makanan tersebut, agar mesin selalu awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Khusus untuk mesin industri makanan ada baiknya jika Anda memilih bahan mesin yang terbuat dari stainless steel 304, karena bahan mesin yang terbuat dari stainless stell cenderung awet dan tidak mudah korosi, sehingga membuat makanan yang dihasilkan akan terjaga kebersihan dan juga bebas dari berbagai macam zat berbahaya lainnya.

Demikianlah sedikit tips membeli mesin industri makanan untuk UKM.

 

Bagikan Info ini:
Share

Leave a Reply