Blog Detail

Industrial Automation dan Programming Logic Control

Mengenal Apa Itu Industrial Automation dan Programming Logic Control (PLC)

14 Nov 17
sahlengineering
, ,
No Comments

Melalui artikel ini kami mengajak Anda untuk mengenal Apa Itu Industrial automation & Programming Logic Control (PLC). Ulasan kali ini akan membahas tentang apa itu Industrial automation dan Programming Logic Control (PLC). Informasi seperti ini tentunya sangat berharga untuk Anda yang bergerak dalam bidang industri, terutama jika Anda hendak menggunakan bengkel bubut Jabbenka. Apa itu bengkel bubut Jababeka? Sahl Engineering Indonesia, ini adalah salah satu penyedia jasa Industrial automation dan Programming Logic Control (PLC).

Industrial Automation dan Programming Logic Control

Apa itu industrial automation

Industrial automation sendiri adalah sebuah otomatisasi industrialisasi yang berfungsi untuk mempercepat proses industri, guna memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan yang dibutuhkan oleh manusia. Dengan cara dilakukan keseragaman kulitas produksi yang dihasilkan.

Industrial automation atau juga yang dikenal dengan Control System tentunya memberikan aneka manfaat untuk manusia. Adapun aneka manfaat yang diberikan antara lain:

  • Dapat meningkatkan produktifitas
  • Dapat meningkatkan kualitas produk
  • Dapat mengurangi biaya produksi
  • Dapat mengurangi sisa produksi

Manfaat-manfaat seperti itu tentunya akan mempermudah industr untuk menjadi lebih baik. Adapun beberapa perusahaan yang sering menggunakan industrial automation antara lain pembangkit listrik, pabrik kertas dan pulp, pengolahan bahan kimia, dll.

Apa itu Programing Logic Control (PLC)

Progrming Logic Control atau yang disingkat menjadi PLC adalah sebuah komputer electonik yang mudah untuk digunakan, dimana komputer yang satu ini memiliki fungsi kendali untuk berbagai macam tipe kesulitan. Sistem elektronik sendiri sengaja dirancang untuk beroperasi secara digital, dan untuk digunakan di lingkungan industry.

Konsep PLC sendiri dibagi ke dalam beberapa macam nama, antara lain:

  1. Programmble, adalah sebuah kemampuan memori alat, guna menyimpan program yang telah dibuat, agar mudah diubah-ubah fungsi serta kegunaannya.
  2. Logic, adalah sebuah kemampuan yang dimiliki alat, guna memproses input secara aritmatik dan juga logic. Aplikasi yang satu ini berguna untuk melakukan aneka operasi, seperti menjumlahkan, membandingkan, mengurangi, mengalikan, dan hal lainnya.
  3. Controller, adalah sebuah kemampuan yang dimiliki alat untuk menunjukkan kemampuan dalam pengontrol serta mengatur aneka proses, untuk menghasilkan output seperti yang diinginkan.

PLC ini sendiri sengaja dirancang guna menggantikan sebuah rangkaian relay sequensial yang ada dalam sebuah system control. Selain itu alat yang satu ini sengaja dirancang untuk mudah dikendalikan oleh siapa saja, termasuk oleh mereka yang tidak mengetahui bagaimana cara mengoperasikan sebuah komputer sekalipun. Bahasa pemrograman yang digunakan pada PLC ini cukup mudah, apalagi jika sudah dibut software yang sesuai. Maka penguna hanya pelru menekan tombol On atau tombol Off, untuk mengatur input dan output sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Aneka keuntungan PLC dalam industrial automation

Seperti system lainnya hadirnya PLC dalam dunia industrial automation ini mempunyai beberapa keuntungan. Adapun beberapa keuntungna yang akan Anda peroleh dengan digunakannya PLC ini antara lain :

1. Fleksible

Industrial Automation dan Programming Logic Control, Anda dapat mengendalikan berbagai macam perangkat elektronik dalam industry hanya dengan 1 sistem, yang sudah didesain sesuai dengan kebutuhan masing-masing perangkat.

2. Mudah mengoreksi kesalahan jika terjadi perubahan

Jika terjadi perubahan, maka orang yang mengontrol dapat melakukan perubahan menggunakan program yang ada di dalam komputer dengan waktu yang relative singkat.

3. Memiliki jumlah kontak yang cukup banyak

Jumlah kontak yang dimiliki oleh alat ini juga cukup banyak, ini yang membuat alat lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan relay.

4. Harga yang relative murah

Dalam dunia Industrial Automation dan Programming Logic Control, Sistem PLC ini dapat menyederhanakan aneka kabel untuk mengoperasikan sebuah alat jauh lebih baik dari relay, itu juga yang membuat PLC ini jauh lebih murah dibandingkan dengan Relay. Bengkel mesin industry Bekasi? Sahl Enginering Indonesia dalah salah satu penyedia yang mampu memproduksinya.

 

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply