Blog Detail

Plating Service dan Hard Chrome

Mengenal Plating Service dan Hard Chrome

16 Nov 17
sahlengineering
,
No Comments

Halo penghobi engineering, melalui tulisan ini kami akan membawa Anda untuk mengenal plating service dan hard chrome. Plating service sendiri adalah sebuh proses pembentukan sebuah baja utuh menjadi pipih seperti layaknya lempengan piring.  Ini adalah salah satu alat yang tentunya sangat dibutuhkan untuk membuat aneka komponen industry.

Sebenarnya apa fungsi plating service dan hard chrome

Plating service adalah salah satu bahan yang akan digunakan untuk membuat salah satu komponen alat dalam industry. Untuk membuat sebuah plating service sendiri tidak terlalu mudah, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Bengkel bubut Jababeka? Sahl Enginering Indonesia adalah salah satu bengkel yang dapat Anda kunjungi untuk memesan dan membuat plating service seperti yang Anda butuhkan.

Fungsi Hard Crome

Sedangkan Hard Crome sendiri adalah sebuah proses yang berfungsi untuk memberikan lapisan di bagian permukaan. Lapisan yang diberikan cukup beragam, dan hal ini disesuaikan dengan kebutuhan, adapun lapisan logam yang biasanya digunakan antara lain tembaga, baja, atau alumunium. Dengan digunakannya lapisan logam seperti ini, maka kinerja alat jadi lebih maksimal.

Ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh sebuah alat, ketika sudah dilapisi oleh hard crome tersebut, antara lain tahan karat, anti gores, membuat permukaan logam jadi semakin keras, tahan terhadap berbagai macam cuaca, dll. Sistem pelapisan ini sendiri tentunya sangat menguntungkan, dan pastinya membuat berbagai peralatan jadi lebih tahan lama. Hard Crome sendiri biasanya digunakan untuk melapisi laras senjata, silinder, Shaft, piston, aneka perlengkapan militer, aneka senjata tajam, dll.

Salah satu jenis lapisan Hard Chrome yang biasanya digunakan adalah Cylinder liner. Teknik menggunakan metode ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan metode chrome yang ada di pinggir jalan, yaitu dengan menggunakan electrochemical plating, atau menggunakan Flame Arc Coting. Namun yang membedakan aalah bahan pelapis yang digunakan. Untuk melapisi bahan yang satu ini, biasanya menggunakan Chromium murni, yang memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi. Dimana Chromium murni ini memiliki kandungan Vanadium dan juga Silica Dioxide, kedua kandungan ini hampir setara dengan Nikasil Diasil atau Diamond Hardness.

Untuk proses coating yang dilakukan menggunkan metode electroplating, biasanya proses yang satu ini digunakan oleh industrial hardchrome.

Fungsi Nickle Chrome

Nickle Chrome sendiri adalah salah satu metode yang digunakan dalam plating service, namun yang membedakan antara nickel Chrome dengan hard Chrome adalah bahan pelapis yang digunakan. Dimana untuk Nickle Crome ini bahan yang digunakan adalah nikel dan juga Chrome. Sedangkan untuk fungsi, tidak jauh berbeda dengan hard chrome. Dimana Nickle chrome ini dapat mencegah karat dan juga korosi. Seperti diketahui, nikel sendiri adalah salah satu bahan yang tidak mudah berkarat, selain itu bahan yang satu ini juga tahan terhadap larutan elektrolit. Ini yang membuat bahan tidak mudah rusak, aus, bahkan tetap terlihat menghilap.

Mengenal Fungsi Anodizing

Yang disebut dengan fungsi anodizing dalam plating service adalah proses memberikan warna logam alumunium pada perlengkapan industry yang akan digunakan. Kebanyakan mesin memiliki warna abu-abu, warna ini yang membuat mesin tampil lebih menarik. Ketika sebuah mesin sudah menggunakan proses  Anodizing, maka bahan alumunium yang ada akan jadi tahan karat dan juga abrasi.

Mengenal fungsi Butting

Yang dimaksud dengan proses butting sendiri adalah sebuah proses untuk menghaluskan bagian permukaan dari barang yang sudah melakukan beberapa proses pelapis logam. Pada proses ini biasanya hanya menggunakan emery atau orang mengenalnya dengan amplas.

Mengenal fungsi Preparasi

Ini adalah proses inspeksi atau memperhatikan barang yang sudah diplating service atau disebut juga dengan electroplating.

Apakah seluruh proses ini juga dilakukan oleh bengkel mesin Industri Bekasi ? Sahl Enginering Indonesia tentu saja menggunakan keseluruhan metode yang ada, ketika melakukan proses plating service tersebut. Plating service dan hard chrome? Sahl Engineering.

Save

Leave a Reply