Blog Detail

Tips cara membersihkan meat grinder

18 Mar 15
sahlengineering
, , , ,
4 comments

Meat grinder ini digunakan untuk mencincang berbagai macam jenis daging secara praktis. Namun yang menjadi masalah adalah mesin ini mudah berkarat, maka dari itu kita membutuhkan teknik khusus untuk dapat merawat mesin tersebut. Adakah tips cara membersihkan meat grinder yang efektif agar tidak cepat berkarat? Tentu saja. Dengan merawat meat grinder dengan baik, maka mesin tidak mudah berkarat, dan kita dapat menggunakan mesin ini dengan leluasa. Meat grinder ini adalah salah satu mesin pembuat makanan yang pastinya sering kita gunakan, maka dari itu kita harus dapat membersihkan peralatan ini dengan baik.

Tips cara membersihkan meat grinder

Tips cara membersihkan meat grinder

Penggiling daging atau meat grinder terdiri dari beberapa bagian, seperti pendorong, plat penggiling gerek, pisau, dan juga mesin penggiling itu sendiri. Ketika kita akan membongkar mesin tersebut sebaiknya kita berhati-hati. Sebaiknya kita melihat buku panduan bagaimana cara membongkar mesin tersebut, hal itu kita lakukan agar mesin tidak rusak.

Pertama yang harus kita lakukan adalah mencuci setiap bagian mesin menggunakan sabun hingga bersih. Kemudian siapkan air panas dan masukkan ke dalam ember atau baskom besar. Setelah itu tambahkan pemutih dalam bak air panas tersebut, baru setelah itu kita dapat meletakkan setiap bagian mesin ke dalam bak atau baskom yang sudah kita beri pemutih tersebut. Biarkan selama 15 menit, setelah itu bilas setiap bagian mesin penggiling daging dengan menggunakan air bersih. Lap hingga kering agar tidak terjadi karat. Kita dapat menggunakan lap dari bahan katun yang kering, agar segala macam air atau noda lainnya dapat terserap dengan baik.   Setelah selesai, kita dapat langsung membungkusnya ke dalam dus, agar tidak mendapatkan kontak langsung dengan udara. Kontak tersebut akan membuat mesin penggiling daging berdebu, hingga mengurangi higienitas, dan agar tidak berkarat.

Atau kita dapat menyimpan setiap bagian dari mesin penggiling daging tersebut dalam beberapa buah kantong plastik yang diisi beberapa butir beras. Beras disini adalah untuk mencegak kelembaban pada mesin penggiling daging terebut. Ketika kita membutuhkan mesin penggiling daging, maka kita dapat menggunakanya dengan baik, namun setelah selesai menggunakannya maka kita harus dapat membersihkannya dengan baik agar benar-benar bebas karat. Ini adalah sebuah keharusan, kita juga harus memastikan agar mesin penggiling daging tersebut tersimpan dengan rapi, kering  dan juga bebas lembab. Dengan begitu mesin penggiling daging tidak akan cepat berkarat, dan aman untuk digunakan.

Tentu penting sekali untuk menjaga mesin penggiling daging ini tetap higienis, karena itu akan menyangkut makanan yang akan kita sajikan, tentunya kita tidak akan menyajikan makanan yang berbahaya bagi keluarga tercinta. Ketika kita dapat menyimpannya dengan baik, maka hasil makanan pun akan baik juga.

Demikianlah beberapa tips cara membersihkan meat grinder. Jika kita masih merasa bingung dengan cara membersihkan atau bahkan mengganti beberapa bahan yang terdapat pada mesin tersebut ada baiknya jika kita menghubungi ahlinya, agar mendapatkan penanganan lebih lanjut, seperti Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi.

Bagikan Info ini:

4 Comments

  1. Chaminda Weerathunga May 20, 2015 at 11:47 am Reply

    Please send me your meat grinding machine detales & prices .
    Volts: 380V
    Power: 4KW
    Production Capacity: 500-650Kg/Hour”

  2. tukang giling daging November 7, 2015 at 6:48 am Reply

    Bagus gan tipsnya, tapi sekarang mesin giling daging bukannya terbuat dari bahan stainless still ya jadi tidak mudah berkarat, nice info gan

  3. erlanda January 10, 2016 at 10:09 am Reply

    Informasi mengenai Tips cara membersihkan meat grinder sangat bermanfaat bagi banyak orang yang berwirausaha seperti pengolahan daging

  4. ega lesmana January 10, 2016 at 10:12 am Reply

    Saat ini alat tersebut semakin canggih saja ya gan, bisa membantu orang yang berwirasuasta. Bagus lah artikel yang sudah di share, sangat bermanfaat sekali

Leave a Reply