Blog Detail

Tips Membeli Komponen Mesin Industri

Tips Membeli Komponen Mesin Industri

06 Nov 17
sahlengineering
, ,
No Comments

Mau belanja komponen mesin buat pabrik Anda? Bagaimana tips membeli komponen mesin industri? Anda sedang mencari Bengkel bubut Jababeka? Sahl Engineering Indonesia jawabannya – Mesin industri sangat penting bagi keberlangsungan suatu usaha produksi.

Jika mesin industri atau komponen-komponennya mengalami kerusakan, maka produksi yang dijalankan bisa terhambat, dan bisa saja mengalami kerugian karena target produksi menjadi berkurang. Itu sebabnya apapun usaha produksi yang Anda jalankan baik industri pabrik atau industri rumahan, sangat penting untuk selalu memilih mesin dengan komponen-komponen yang terbaik.

Tips hemat tepat membeli komponen mesin industri

Tapi, bagaimana kalau kita tidak mengerti mana mesin yang bagus mana yang tidak? Bagaimana kita bisa yakin mesin yang kita pilih adalah mesin dengan kualitas terbaik atau komponen-komponen mesin yang kita pilih memang dibuat oleh bengkel terbaik? Harga mesin industri beserta komponen-komponennya tidak bisa dibilang murah. Kalau kita salah membeli, kita akan mengalami kerugian. Berikut ini tips membeli mesin industri dan komponen-komponennya.

Pahami dulu apa bidang usaha Anda

Berbicara mengenai mesin industri dan komponen-komponennya, spesifikasi mesin adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan. Anda akan mengalami kerugian modal yang cukup banyak jika Anda sampai salah memilih ukuran mesin atau model mesin. Maka dari itu sebelum Anda mulai mencari mesin industri, pahami dulu bidang usaha Anda membutuhkan mesin seperti apa. Lalu identifikasi detail mesin yang Anda butuhkan sampai ke komponen terkecilnya dan catat dengan jelas. Detail mesin yang perlu Anda ketahui adalah ukuran komponen atau ukuran mesin, bentuknya, terbuat dari jenis material apa, berapa tenaga yang dikeluarkan, dan berapa kapasitas beratnya.

Tentukan budget

Jika modal Anda cukup besar, Anda bisa membuat bujet yang fleksibel dimana Anda menentukan besaran bujet namun Anda tidak mempermasalahkan jika harga mesin dan komponen-komponennya melebih bujet Anda. Namun tentu saja tidak semua orang beruntung memiliki modal yang besar untuk membeli mesin industri harga berapapun. Jika Anda termasuk golongan yang kedua ini, maka Anda perlu membuat batas maksimum bujet yang jelas dimana Anda tidak akan membeli mesin dengan harga melebihi anggaran. Menentukan bujet belanja mesin industri dan komponen-komponennya sejak awal akan membantu Anda menjaga kondisi finansial perusahaan Anda.

Lakukan riset

Untung saja saat ini sudah ada internet dimana Anda bisa mendapatkan informasi mengenai ranking kualitas mesin, review dari orang-orang yang sudah pernah membeli mesin, dan rekomendasi mesin terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan melakukan riset, Anda akan mengetahui merek mesin apa yang tahan lama atau merek mana yang lebih murah. Hasil riset akan memudahkan Anda menentukan pilihan mesin atau komponen apa yang harus Anda beli.

Pertimbangkan fitur tambahan yang tersedia

Setiap manufaktur biasanya memberikan fitur tambahan bagi mesin-mesin produknya. Cara ini untuk membedakan produk buatannya dengan produk perusahaan manufaktur lainnya. Ada yang membuat produk mesinnya tahan air, ada yang mesinnya bisa diatur ketinggiannya, dan ada yang menambahkan sistem keamanan. Pertimbangkan fitur-fitur tambahan ini. Dalam membeli komponen mesin industri, pilihlah mesin yang fitur tambahannya penting untuk memenuhi kebutuhan usaha Anda.

Perhatikan garansinya

Saat Anda browsing untuk membeli komponen mesin industri, perhatikan apakah perusahaan menufaktur memberikan garansi untuk produk mesin dan komponen-komponennya. Perhatikan juga apakah ada service center yang dekat dengan tempat usaha Anda dan bagaimana pelayanannya. Jangan memilih mesin yang tidak memiliki garansi karena itu berarti perusahaan manufaktur tidak menghargai hak Anda sebagai customer.

Tips membeli komponen mesin industri di atas sudah cukup sebagai pedoman dasar membeli mesin industri atau komponen-komponennya. Kalau perlu bawalah konsultan mesin untuk membantu Anda memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Apa Anda sedang mencari bengkel mesin industri Bekasi? Sahl Engineering Indonesia dapat membantu memenuhi keperluan Anda.

Save

Save

Leave a Reply