Blog Detail

Pelumas khusus untuk memelihara mesin pada industri makanan

24 Mar 15
sahlengineering
, , , , ,
No Comments

Yuk ketahui jenis-jenis pelumas khusus memelihara mesin industri makanan. Artikel ini adalah tentang Lubricant for Food Industry. Seperti kita ketahui ada banyak sekali makanan yang cepat sekali basi, dan dengan metoda pengolahan yang sangat baik, makanan yang cepat basi ini diolah dan diawetkan dengan sistem pengalengan, agar tahan lama bahkan hingga berbulan-bulan. Teknik ini tentu saja menguntungkan dan juga praktis, jadi siapa saja yang menginginkan makanan atau minuman kaleng tersebut hanya perlu membukanya. Pelumas khusus untuk memelihara mesin pada industri makanan dan juga minuman.

Pelumas khusus memelihara mesin industri makanan

Pelumas khusus memelihara mesin industri makanan

Teknik ini tentunya tidak sederhana, ada serangkaian mesin yang harus dilewati sebelum akhirnya jadi makanan atau minuman kaleng.

Beberapa tahapan tersebut adalah ;

  • Printing
  • Slitting atau Shearing
  • Pressing
  • Assembly
  • Canning

Dengan adanya tahapan proses yang harus dilalui tentunya kita membutuhkan berbagai macan mesin yang sesuai, seperti mesih printing dan juga coating, mesin slitting, mesin stamping press dan liner, ada juga mesin welding dan solder. Setiap mesin yang ada tentunya membutuhkan perawatan yang tepat, agar mesin tetap awet dan produksi tetap lancar, jika tidak maka akan mengganggu kelancaran produksi. Dengan banyaknya mesin yang ada, perawatannya tentu juga berbeda.

Salah satu jenis perawatan yang sangat sederhana adalah penggunaan pelumas, agar mesin tidak cepat aus. Penggunaan pelumas ini tidak bisa dianggap enteng, jika tidak digunakan maka mesin akan mengalami aus, dan produksi akan terhambat. Pelumas untuk mesin pun berbagai macam tergantung dari jenis mesin itu  sendiri. Sedangkan untuk pelumas pada mesin pegolahan makanan dan juga minuman tentu tidak boleh sembarangan. Ada pelumas khusus agar makanan dan minuman yang dihasilkan tidak akan terkontaminasi dari pelumas tersebut.

Pelumas yang digunakan sebaiknya yang aman untuk industri makanan dan minuman, dan tentunya sangat sesuai dengan mesin yang digunakan. Ada baiknya pelumas yang digunakan merupakan sejenis gemuk atau grease, karena pelumas ini sangat multi fungsi, sehingga dapat digunakan pada mesin apapun.

Karena pada beberapa kesempatan mesin yang digunakan dan juga pelumas pasti akan kontak dengan makanan atau minuman yang sedang diproduksi, jika pelumas tersebut mengandung bahan kimia berbahaya tentu makanan atau minuman yang dihasilkan juga akan berbahaya bagi kesehatan. Jenis grease ini adalah salah satu jenis yang aman, baik dalam suhu yang panas atau suhu dingin sekalipun. Jenis ini juga dapat digunakan pada “water wash out” dan juga memberikan perlindungan terhadap karat.

Jenis grease ini mempunyai tingkat viktositas yang tinggi maka dari itu pelumas ini tidak akan mudah lepas dan melekat kuat pada permukaan mesin.

Namun jika kita mempunyai kesulitan dalam merawat mesin seperti ini tidak ada salahnya jika mendatangkan ahlinya, seperti kami, Sahl Engineering. Dengan begitu maka mesin industri makanan atau minuman akan senantiasa terjaga, dapat memproduksi makanan dan minuman dengan kualitas yang baik, dan cenderung hemat.

Demikianlah setidaknya sekilas informasi tentang pelumas khusus memelihara mesin industri makanan.

Leave a Reply